Yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Eating Disorder

Seringnya, diet yang dilakukan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan dan malah membahayakan tubuh.

Anda melakukan diet mati-matian karena ingin kurus. Seringnya, diet yang dilakukan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan dan malah membahayakan tubuh. Tidak jarang, Anda terkena eating disorder seperti anoreksia dan bulimia. Alih-alih kurus, Anda malah membahayakan diri sendiri.

Masalahnya, sekarang banyak remaja yang terkena gangguan pola makan ini. Malah, tahun 2013 kemarin 38% orang Indonesia harus berhadapan dengan eating disorder Bisa saja salah satunya adalah Anda. Jika sudah terkena eating disorder, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan agar kembali sehat.

Menyadari Dari Diri Sendiri
Biasanya, seseorang tidak langsung menyadari kalau dirinya mengalami eating disorder. Mereka sering berpikir kalau diet yang dilakukan berhasil karena tampak lebih kurus. Karena itu, Anda butuh orang lain untuk diajak berbicara kalau sebenarnya Anda merasa tidak sehat. Efek paling jelas dari eating disorder ini seperti mudah merasa capek, tangan gemetar, wajah pucat, dan rambut jadi sering rontok.

Anda harus menyadari kalau jadi kurus bukan berarti harus berhenti makan. Sebelum memutuskan untuk diet, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter sehingga bisa mendapatkan tubuh kurus tanpa membahayakan kesehatan. Ketika menyadari sudah mengalami eating disorder, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menerima kalau cara yang selama ini Anda lakukan adalah salah sehingga sudah saatnya untuk berhenti.

Curhat Kepada Orang Terdekat
Ketika sudah menyadari hal tersebut dan pengin berhenti, Anda bisa mencari bantuan dengan curhat kepada orang terdekar yang sangat Anda percaya, seperti kakak, ibu, sahabat, atau pacar. Jujur katakan kalau Anda butuh bantuan mereka. Dengan berani memberitahu orang lain tentang keadaan ini, hal tersebut mampu memacu rasa percaya diri karena sadar Anda tidak sendirian.

Orang lain juga bisa membantu Anda untuk lebih mencintai diri sendiri dan menerima diri Anda apa adanya. Sehingga, Anda pun lebih terpacu untuk hidup lebih sehat lagi. Dan mereka pun tentunya akan mendukung Anda untuk kembali sehat seperti semula.

Bantuan Profesional
Setelah bicara kepada orang terdekat, sebaiknya Anda meminta bantuan tenaga profesional untuk menghentikan masalah ini. Seperti psikolog yang akan membantu Anda untuk lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri, dan dokter yang akan membantu menyusun program diet yang sehat dan sesuai kebutuhan.

Belajar Dari Pengalaman Orang Lain
Tidak ada yang lebih mengerti tentang yang Anda alami selain orang yang pernah merasakan hal tersebut. Karena itu, berkenalan dengan orang lain yang sudah lebih dulu sembuh dari eating disorder merupakan cara yang cukup manjur untuk dilakukan. Anda bisa meminta nasihat dari mereka tentang keberhasilan mereka. Selebritas yang pernah bermasalah dengan eating disorder juga bisa menjadi motivator untuk lebih mencintai diri sendiri dan tidak melakukan hal berbahaya untuk mendapatkan tubuh sehat.

Sumber : kawankumagz.com

Stay Healthy

Get trusted advice from the doctors at lightHOUSE and stay up-to-date.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ