fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Turun 14 Kg dalam 3 Bulan Berkat Mindful Eating

“Saya sudah terbiasa makan dengan pola yang berantakan. Apa yang terasa enak di mulut atau terlihat menarik di mata, pasti saya lahap.”

Apakah Sahabat lightHOUSE memiliki pola makan yang berantakan seperti yang dialami Finalis lightWEIGHT Challenge 2014 Elly Sutedja? Jika iya, mungkin Anda merasa turun berat badan merupakan impian yang sulit diwujudkan.

Jangan hanya bermimpi! Contohlah pengalaman Elly yang merupakan Karyawan Swasta asal Bandung ini. Di usia 41 tahun, dengan semangatnya yang kuat, dia berhasil menurunkan berat badan hingga 14 kg atau 16,3% dari total berat badannya dalam waktu 3 bulan.

Perjuangan Elly dalam lightWEIGHT Challenge 2014 tidaklah mudah. Ia menjalani program andalan kami, lightWEIGHT selama 12 minggu. Selama itu ada beberapa proses pengaturan pola makan dan penguatan kontrol diri yang harus dia lewati.

“Rasanya cukup berat, terutama pada tahap awal. Ada saat-saat saya merasa susah sekali menahan godaan,” Elly bercerita. Kebetulan waktu itu menjelang Natal. Dalam perayaan bersama keluarga besar, Elly  jadi ‘seksi sibuk’ menyiapkan berbagai penganan.

“Sementara saudara-saudara saya dengan bebasnya mencicipi makanan, saya hanya bisa bengong. Akhirnya, saya melakukan ‘pelanggaran’ kecil dengan makan  satu potong kecil kue,” ia mengenang.

Namun ternyata pelanggaran kecil itu merupakan sebuah kemajuan besar bagi Elly, karena sebelumnya dia bisa menghabiskan 1/2 kg kue kering sendirian! Bagaimana caranya?

 

Kontrol Diri

“Tahap awal banyak pantangan, tapi tahap selanjutnya saya diberikan kebebasan menyantap makanan apa saja. Justru saat dibebaskan, tantangannya menjadi semakin besar,” ujar Elly. Namun, dengan bekal pemahaman mengenai bagaimana kita mengontrol diri menghadapi makanan darti Tim lightHOUSE, saya berhasil.

“Saya dibimbing mencari tahu akar masalah yang membuat pola makan saya berantakan. Saya jadi berefleksi: apa yang sudah saya lakukan pada tubuh saya sendiri selama ini?,” ia menjelaskan.

Cara menguatkan kontrol diri adalah salah satunya denngan mindful eating. Misalnya dengan makan perlahan-lahan. Psikolog Naomi Ernawati Lestari, M.Psi dari klinik lightHOUSE Indonesia mengatakan, makan perlahan bisa membuat Anda makan dengan “sadar.”

“Ketika makan dengan tidak sadar, biasanya Anda akan banyak menghabiskan makanan tanpa merasa puas atau kenyang,” Naomi menjelaskan. Dengan kata lain, masalah berat badan bukan hanya di makanan atau tubuh. Masalahnya juga ada di pikiran.

“Mindful eating membantu Anda untuk mendengar apa yang tubuh Anda ingin katakan mengenai rasa lapar dan rasa puas,” ujarnya. Selain itu, ia menguraikan, tehnik makan ini juga membantu menyadari siapa yang merasa lapar; apakah tubuh. hati, atau pikiran, dan bagaimana cara mengatasinya.

Setelah menjalani program lightWEIGHT, Elly menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri. “Lebih percaya diri. Kalau dulu saya selalu bersembunyi di belakang orang lain saat difoto, sekarang saya sudah berani ‘narsis’ dengan berpose sendiri,” katanya senang.

Bila Sahabat lightHOUSE butuh bantuan seperti Elly, tim lightHOUSE Indonesia siap membantu. Silakan membuat appointment online dan frontliners kami akan segera menghubunngi. Semoga berat badan yang ideal segera menjadi milik Anda.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2022. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ