Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Puasa

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadhan ternyata memiliki berkah tersendiri. Selain bertujuan untuk mendapat ridho dan pahala dari Allah, puasa juga sering kali dijadikan ajang untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya, hanya segelintir orang yang berhasil mencapai target yang diharapkan. Tidak jarang berat badan justru naik drastis apabila tidak bisa mengontrol diri saat berbuka. Nah, jika tidak mau seperti itu, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Batasi kontak dengan stimulus tertentu

Jika selama ini Anda mudah tergoda dengan apa yang tertangkap oleh indera penglihatan Anda, coba lah untuk membatasi diri melihat makanan yang dapat menggugah selera, seperti melihat unggahan foto makanan di instagram, menonton tayangan masak-memasak, serta mendatangi tempat makan yang ada display-nya. Sadarilah bahwa aktivitas ini dapat menggiring Anda untuk membeli dan mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak perlu ketika berbuka.

Mempertimbangkan keputusan

Bukan hanya kendaraan saja yang perlu rem, perilaku Anda pun membutuhkan rem agar tidak bablas. Orang yang memutuskan makan dalam porsi besar setelah berbuka mungkin akan merasa puas dan kenyang dalam waktu singkat. Namun kosekuensinya, berat badan akan cepat bertambah. Baju-baju di lemari pakaian pasti tidak akan ada lagi yang muat. Jika sudah demikian cita-citanya ingin memiliki tubuh ideal di Hari Raya pun langsung lenyap seketika.

Berbuka lah dengan yang ringan

Di Indonesia mungkin kita sudah familiar dengan istilah takjil (pembatal puasa). Air putih atau kurma merupakan takjil yang dianjurkan oleh nabi. Akan tetapi, saat ini pengertian kurma bergeser lebih luas menjadi “yang manis”, seperti kolak, sirup, sop buah, dan lain sebagainya. Padahal, manfaatnya pasti sangat berbeda. Ingat, semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak pula berat badan yang akan bertambah.

Relaksasi

Tahu kah Anda? Ritual keagamaan merupakan salah satu  teknik relaksasi yang cukup efektif. Ada baiknya Anda menjalankan solat magrib terlebih dahulu setelah berbuka dengan yang ringan. Tujuannya agar perasaan Anda menjadi lebih tenang dan damai sehingga tidak gerasak-gerusuk saat menyantap makanan. Apabila Anda lebih menikmati proses makan, maka akan tidak akan merasa perlu untuk menambah porsi makan secara berlebihan.  

Makan perlahan-lahan

Orang yang makan dengan terburu-buru biasanya akan tanpa sadar makan lebih banyak daripada yang seharusnya. Hal ini dikarenakan, dalam waktu singkat seseorang belum dapat merasakan sensasi kenyang sehingga merasa perlu menambah. Biasanya, otak kita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menerima sinyal kenyang. Jadi, usahakan agar Anda makan secara perlahan agar sinyal kenyang datang bersamaan dengan habisnya makanan.

Minum air putih yang cukup

Selama seharian berpuasa, cairan tubuh pun berkurang. Jika sudah demikian, tubuh pasti akan meminta agar cairan tubuh diisi kembali. Terkadang sensasi haus yang timbul disalah artikan sebagai sensasi lapar. Apa jadinya jika tubuh Anda diisi makanan, sementara yang dibutuhkan sebenarnya adalah minuman? Tentu berat badan Anda akan semakin bertambah. Berbeda halnya apabila Anda memenuhi kebutuhan tubuh dengan tepat.

 

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ