fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Ulasan Buku dr. Grace Solusi Tanpa Stres untuk Anak Gemuk

Di Indonesia, anak gemuk masih dipandang sebagai anak lucu yang cukup gizi dan menjadi lambang kesuksesan orang tua yang layak dibanggakan. Padahal, gemuk  tidak selalu berarti sehat. Satu dari sepuluh anak di dunia mengalami kegemukan, berdasarkan data WHO. Obesitas pada anak dapat meningkatkan risiko diabetes melitus. Berdasarkan data itu, tidak ada yang lucu lagi bukan dari anak yang gemuk?

Hal itu yang membuat pakar penurunan berat badan dan pengamat gaya hidup, dr. Grace Judio, M.Sc. merasa tertantang untuk menjawab permasalahan obesitas anak ini.

Bersama Penerbit Gaia, Tabloid Nakita, dan PT Shape UP Indonesia, dr. Grace menerbitkan buku Solusi Tanpa Stres untuk Anak Gemuk.

Buku ini berisi panduan untuk orang tua yang memiliki anak dengan masalah berat badan. Ada tips praktis yang mudah diterapkan, panduan menu harian, dan resep-resep sehat yang telah diuji di dapur lightMEALS.

Menurut pemegang sertifikat OBELDICKS Schulungs program untuk anak dan remaja dari Jerman ini, buku tersebut merupakan bentuk kegemasannya melihat beberapa pasiennya yang menginginkan anaknya berdiet seperti orang dewasa. “Meningkatnya kesadaran mengenai bahaya obesitas, ternyata malah berdampak pada banyaknya orangtua yang memaksa anaknya berdiet atau memberikan banyak pantangan makanan. Orang tua stres melihat anaknya gemuk, si anak lebih stres lagi karena disuruh menurunkan berat badan dengan cara yang salah,” ujar dr. Grace.

Psikolog Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog mengatakan buku ini sangat menarik karena dr. Grace membahas permasalahan pola makan anak secara lengkap, mulai dari kesalahan persepsi tentang penambahan berat badan anak, menghitung target berat badan yang tepat, sampai menu makan sehat.

“Yang paling menarik buat saya sebagai seorang psikolog, dr. Grace menceritakan dengan jelas mengapa kita mesti lebih sensitif terhadap kebutuhan anak, mulai dari mengenal lapar dan kenyang sampai mengenali perasaannya. Lewat buku ini, dr. Grace dengan manis menegur pengabdian orang tua tentang berat badan anak, dan beberapa kekhawatiran orang tua yang berlebihan tentang makanan,” ujar psikolog yang akrab disapa Nina ini.

 Sementara itu, Dokter Spesialis Anak bidang Endokrin dr. Frida Soesanti, SpA menekankan bahwa buku ini dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap anak gemuk. “Banyak yang salah kaprah dalam menafsirkan bahwa anak gemuk itu sehat. Namun, yang sudah sadar bahwa gemuk itu tidak sehat pun lebih salah kaprah lagi dengan menyuruh anak berdiet,” kata dr. Frida.

 “Buku ini sangat kreatif dan insipiratif dengan tips-tips yang sangat praktis dan mendidik yang patut untuk diterapkan dalam keseharian kita, tidak hanya untuk anak gemuk tapi juga untuk seluruh keluarga,” harap dr. Frida.

Buku ini dijual dalam satu paket bersama buku cerita anak berjudul Cerita Semut tentang Hati dan Perut yang ditulis oleh dr. Grace Judio dibantu ilustrator Lala Bohang. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan BMI Wheel khusus untuk anak-anak. Paket buku tersebut dijual dengan harga Rp90.000 di toko-toko buku dan empat klinik lightHOUSE, Jakarta.

Kini dr. Grace Judio juga sedang menyiapkan buku selanjutnya yang masih berkaitan tentang pola makan dan gangguan makan. Buku yang ditujukan buat remaja ini akan ditulis bersama Psikolog Tara Adhisti de Thouars, BA, M.Psi.

FAQ