Sering Jajan Sore? Ini Cara Meningkatkan Kontrol Diri saat Diet di Kantor!

Sore hari biasanya menjadi waktu yang rawan bagi para pegawai/karyawan kantoran. Konsentrasi sudah mulai buyar karena lelah atau jenuh bekerja. Kalau sudah demikian, makanan sering kali jadi solusi instan untuk menghibur diri. Beragam cara bisa ditempuh untuk memperoleh cemilan favorit. Entah itu pergi ke kantin, nitip ke OB, atau menggunakan online delivery service. Apakah kamu familiar dengan kebiasaan ini?

Apabila kamu memiliki kebiasaan ini di kantor, sepertinya kamu tidak sendirian. Mungkin ada masanya kamu bisa menahan diri, namun godaan tetap saja ada di mana-mana. Ketika kamu tidak jajan, teman-teman di kantor menawari kamu berbagai jenis makanan dan minuman yang menggoda, seperti: gorengan, martabak, es kopi susu kekinian, dll. Belum lagi ada meeting di luar. Sudah disediakan makanan, masa tidak dimakan? Lalu, apa kabar dengan target turun berat badan kamu?

Pada kenyataannya, menjaga pola makan sehat memang tidak selalu mudah untuk dilakukan. Namun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa berhasil. Coba tanyakan kepada diri kamu sendiri, “Mengapa saya harus diet?” Tulislah alasannya di tempat yang mudah terlihat, seperti layar komputer, wallpaper HP atau tempat-tempat strategis lainnya. Jika kamu sering mengingatkan diri kamu sendiri ketika mulai tergoda atau ingin menyerah, maka kamu akan cepat kembali sadar dan bangkit. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang juga bisa kamu coba:

 

  • Buat target yang jelas

 

Buatlah target yang spesifik dan terukur, yang sekiranya bisa kamu raih. Jika target kamu terlalu abstrak (contoh, “Saya pengen turun yang banyak”), bagaimana kamu tau bahwa kamu telah mencapai target? Jangan pula membuat target yang terlalu sulit untuk diraih. Fokus lah pada perubahan-perubahan kecil dan tingkatkan secara bertahap. Dengan begitu, kamu bisa mencari cara yang efektif untuk mencapai target kamu.

 

 

  • Buat rencana

 

Coba pikirkan bagaimana cara menghadapi godaan yang ada di depan mata. Pastikan kamu memiliki alternatif lain yang mudah diakses. Misalnya: sediakan cemilan sehat di laci meja kerja sehingga kamu bisa makan tanpa rasa bersalah ketika lapar mendadak. Kamu juga bisa mencari aktivitas lain yang bisa mengalihkan kamu dari rasa lelah atau jenuh setelah seharian bekerja, seperti memejamkan mata sejenak, selonjoran, main game atau menyusun rencana liburan akhir tahun.

 

 

  • Kelola stres

 

Stres dapat memicu otak kamu untuk craving makanan yang manis, seperti cokelat. Oleh Karena itu, perhatikanlah kesejahteraan psikologis kamu agar kamu terhindar dari perilaku makan yang tidak sehat. Coba lah luangkan waktu untuk ikut kelas yoga, ke salon, mendengarkan musik favorit, jalan-jalan atau menyalurkan hobi. Selain itu, berikanlah hadiah kepada diri kamu sendiri ketika berhasil mencapai target sebagai tanda apresiasi dan penyemangat.

 

 

  • Minta dukungan orang-orang sekitar

 

Menurut penelitian, bergaul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan makan sehat dapat mempengaruhi kita untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat, dan begitu pula sebaliknya. Jika kamu tidak dikelilingi oleh teman-teman kantor yang memiliki kebiasaan makan sehat, cari lah kelompok atau komunitas baru yang dapat saling support satu sama lain. Bukan berarti kamu harus meninggalkan teman-teman kantor kamu lho ya, mungkin kamu bisa meminta pengertian dan dukungan mereka agar kamu merasa nyaman dalam menjalani program diet.

  • Share this post

Previous Article Menyiasati Food Craving Saat Menstruasi
PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ