Serba Makanan Jepang yang Rendah Kalori

Makanan Jepang cenderung dianggap lebih sehat dari makanan Italia atau China. Padahal tidak selalu. Kecuali jika menggunakan dua resep berikut.

Nihon Ryouri atau masakan Jepang memiliki ciri khasnya yang membedakan dengan masakan Asia lain, seperti China. Pada umumnya, bahan-bahan masakan Jepang berupa beras, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan laut.

Berbeda dengan masakan negara-negara lain, makanan Jepang sama sekali tidak menggunakan bumbu berupa rempah-rempah dari biji-bijian (merica) atau penyedap yanng mengandung biji (seperti cabai) yang harus ditumbuk atau dihaluskan. Masakan Jepang juga tidak menggunakan bumbu yang berbau tajam seperti bawang putih.

Kacang kedelai merupakan bahan utama makanan olahan. Penyedap biasanya berupa sayur-sayuran beraroma harum yang dipotong-potong halus atau diparut. Masakan Jepang umumnya rendah lemak, tapi mengandung kadar garam yang tinggi.

Berikut dua pilihan resep masakan Jepang dari Klinik lightHOUSE yang rendah kalori.

Black Onigiri

Onigiri dikenal di Indonesia dengan sebutan nasi kepal. Di Jepang, onigiri dikenal juga dengan sebutan omusabi, nigirimeshi, atau rice ball yang biasanya menjadi satu paket sajian untuk makan siang.

Onigiri dibuat menggunakan nasi panas/hangat yang baru selesai dimasak dan ditekan dengan tangan hingga berbentuk seperti segitiga atau oval dan dibungkus dengan nori. Berikut adalah resep onigiri yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan bahan utama nasi merah.

Kenapa nasi merah? Karena nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi yang bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Penasaran dengan Onigiri? silahkan langsung mencoba resepnya.

Untuk 2 porsi dengan 250 Kalori per porsi.

Bahan:

210 g nasi merah
100 ml air
1 sdt penyedap rasa ayam
1/2 sdt minyak canola
Potongan kecil nori sesuai selera.
Bahan isi:

50 g pok choy iris kecil
25 g wortel potong dadu
60 g Dori potong kecil
50 g jamur shiitake iris tipis
4 siung bawang putih iris tipis
1/2 sdt lada
1/4 sdt garam
Lembaran nori
Cara membuat:

Campurkan nasi merah yang masih panas dengan sedikit minyak canola dan potongan nori.
Untuk isi : Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukkan wortel, shiitake, pakchoy dan ikan dori. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
Bagi nasi menjadi 4 bagian. Ambil 1 bagian nasi, bentuk menjadi bola, kemudian dipipihkan bagian tengahnya. Isi dengan bahan isi yang sudah ditumis, tutup kembali dan bentuk menjadi bola.
Setelah itu, bola dibentuk menjadi segitiga dengan cara ditekan dan rapikan bagian sisinya menjadi 3 sisi. Baluti bagian bawah dengan dengan potongan lembaran nori. Sajikan.

Sumber: Resep diambil dan dimodifikasi seperlunya dari vemale.com. Image dari 123RF

21o0b2e

Sup Tofu Edamame

Edamame adalah kedelai Jepang yang banyak dijual segar dan beku berikut kulitnya. Adapun tip memilih edamame agar enak dimakan adalah yang tua dan rebus bersama sedikit garam hingga empuk. Kupas, ambil bijinya. Dibawah ini adalah tips untuk mengolah edamame agar dapat disantap saat berbuka puasa selagi hangat. Silahkan mencoba!

Untuk 2 porsi dengan 196 kalori per porsi

Bahan :

  • 1 sdt margarine
  • 2 sng bawang putih, cincang halus
  • 20 gr bawang Bombay, cincang
  • 150 gr dada ayam fillet, potong dadu
  • 200 ml susu kedele tawar
  • 1 bks tofu, potong dadu
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 bh kaldu blok instant
  • 100 gr wortel, potong ½ cm
  • 75 gr edamame yang sudah dikupas

Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi dan layu. Tambahkan daging ayam, masak hingga matang.
Tuangi susu kedele tawar, didihkan. Masukkan tofu dan bahan lainnya.
Rebus hingga semuanya matang. Angkat, sajikan hangat.

Sumber: Resep diambil dan dimodifikasi seperlunya dari resepkita.com; Image dari 123RF.

Resep-resep ini gampang dan sangat cepat dibuat ya, sahabat lightHOUSE? Jadi Anda tidak harus lagi ke restoran Jepang jika ingin menyantap masakannya. Nah, kalau Anda ingin bereksperimen lebih, coba lirik deretan resep andalan kami di sini. Dijamin serba rendah kalori! Nah, untuk memaksimalkan gaya hidup sehat Anda, mengapa tak langsung berkonsultasi dengan kami? lightHOUSE siap memberikan pedoman gaya hidup sehat yang tepat untuk Anda!}

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ