Sepatu Hak Tinggi Bikin Perut Buncit?

Sering memakai sepatu hak tinggi? Hati-hati, perut buncit yang merupakan faktor risiko kematian mengincar Anda!

Sepatu hak tinggi atau high heels adalah salah satu fashion item favorit perempuan. Dengan high heels, perempuan bisa merasa memiliki kaki yang ‘jenjang’ dan bertambah tinggi. Namun bagi Anda yang hobi ber-high heels setiap hari, perlu mewaspadai efeknya bagi kesehatan.

Menurut pakar kami dr. Sophia Hage, SpKO. dari klinik lightHOUSE, sejumlah masalah umum yang dapat terjadi akibat penggunaan sepatu hak tinggi antara lain: radang sendi karena tekanan berlebihan pada lutut, nyeri pada betis dan pergelangan kaki, pertumbuhan tulang yang tidak diinginkan pada area tumit hingga ketidakmampuan meluruskan jari-jari kaki.

Bukan hanya itu saja, bila memakai high heels juga menjadi kendala untuk bergerak lebih aktif, kita pun berpotensi menjadi lebih gemuk dan berperut buncit. “Tidak bergerak atau inaktif menyebabkan surplus energi harian dan menyebabkan kenaikan berat badan. Akan tetapi, tidak aktif bukan saja menyebabkan obesitas, juga merupakan faktor risiko kematian. Sedentary lifestyle atau gaya hidup yang tidak aktif yang tercermin dari jumlah waktu inaktif merupakan salah satu faktor penyebab kematian global menurut laporan Global Health Risk Report WHO 2004,” papar dr. Sophia.

Lalu bagaimana caranya tampil gaya dengan high heels dan tetap menjaga kesehatan? Berikut tips dari dr. Sophia:

  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu lama.
  • Pilih sepatu hak tinggi yang nyaman.
  • Jangan sampai sepatu dengan hak tinggi menghambat aktivitas jalan kaki dengan alasan nyeri.
  • Apabila hari ini memakai hak tinggi, maka besok beri kaki istirahat dengan memakai sepatu yang tidak tinggi haknya.

Intinya, menurut dr. Sophia, jangan sampai mengorbankan kesehatan hanya demi penampilan.

} else {

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ