Sebelas Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Diet

Apakah LightBUDDY sudah menerapkan diet sehat dengan tepat? Simak penjelasan dari sebelas pertanyaan seputar program penurunan berat badan ini agar diet kamu lebih efektif.

Perlukah Menimbang Berat Badan?

Iya, penimbangan berat badan dapat membantu program diet kamu. Menurut penelitian, orang yang sukses menurunkan dan menjaga berat badan, rutin menimbang berat badannya. Namun, jangan terlalu sering. Idealnya kamu bisa menimbang berat badan seminggu sekali agar tetap bisa memantau pergerakan jarum timbangan.
Perlu dicatat, jangan terbebani dengan naik-turunnya angka timbangan. Harap diketahui kalai berat badan bisa berubah beberapa gram dalam sehari akibat perubahan persentase kandungan air dalam tubuh.

Jenis Lemak Apa yang Harus Dihindari Agar Berat Badan Berkurang?

Dalam program penurunan berat badan, sebaiknya menghindari lemak jenuh. Pantang lemak atau karbohidrat, dan jenis makronutrien lain, tidak menjamin berkurangnya asupan total kalori harian kamu. Selain itu, lemak dapat membantumu merasa kenyang setelah makan. Ada faktor pengenyang yang dapat mengekang keinginanmu untuk menambah porsi makan atau menyantap makanan penutup. Tubuh pun membutuhkan asupan lemak untuk bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Merdeka Dari Perut Buncit dengan Lebih Banyak Bergerak!

Kurang dari 10% dari kalori harianmu sebaiknya berasal dari tak lemak jenuh. Cara mencukupi asupan tersebut, tanpa membebani kuota kalori harian adalah dengan menghindari lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh. Agar lebih sehat, ganti mentega dan makanan olahan dengan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, misalnya minyak zaitun, ikan air dingin, tahu, avokad, dan seporsi kecil kacang-kacangan. Meskipun menghindari lemak jenuh tidak serta-merta menurunkan berat badan, tapi penggantian ini dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Kapan baiknya konsumsi air minum agar dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat?

Minum air, terutama sebelum makan, dapat membantu mengisi perut kamu dan memperkecil jumlah makanan yang dapat dikonsumsi. Satu penelitian menemukan, orang dewasa yang minum dua gelas air sebelum makan lebih banyak menurunkan berat badan, dibanding mereka yang tidak. Air juga membantu kamu tetap terhidrasi. Ketika ginjal terus beroperasi mengolah air dalam tubuh, persentase retensi air jadi lebih rendah.

Jika sudah terlalu banyak makan siang, apakah harus melewatkan makan malam?

Tidak. Jangan melewatkan makan jika kamu mencoba untuk menurunkan berat badan. Melewatkan makan dapat membuat merasa lebih lapar kemudian. Dorongan untuk menghabisi isi kulkas, atau mengunyah junk food, akan lebih besar. Ini dapat mengakibatkan total kalori harian malah jadi lebih tinggi dibanding jika makan malam biasa. Tidak makan juga bisa membuat kamu kurang bersemangat, sehingga malas bergerak atau berolahraga. Menyantap makanan bergizi dalam porsi kecil tiga kali sehari dengan camilan di antara waktu makan, telah terbukti dapat membantu penurunan berat badan lebih banyak.

Baca Juga: Bahaya Kontrol Diri Buruk, Penyebab Diet Sering Gagal

Kunci untuk menentukan makan atau tidak adalah dengan mendengarkan sinyal lapar tubuh. Jika lapar ya makan, jika kenyang berhenti makan. Jangan mengikuti apa kata mata, dalam artian tidak terpaku pada jadwal makan semata, atau mengikuti lapar mata. Tapi, lebih pada mendengarkan apa kata perut kamu.

Berapa lama setelah makan hingga rasa kenyang itu muncul?

Biasanya rasa kenyang muncul 15-20 menit setelah makan. Konsep mindful eating mengajarkan untuk menyantap makanan perlahan jika ingin menurunkan berat badan. Agar porsi makan tidak berlebihan, perhitungkan adanya jeda antara saat mulut merasakan rasa makanan dan otak menerima sinyal kalau perut sudah penuh. Caranya bisa dengan meletakkan sendok tiap satu suapan. Dengan demikian otak memiliki lebih banyak waktu untuk memberitahu kamu kalau perut sudah penuh.

Apakah perencanaan makan peting untuk menurunkan berat badan?

Membuat rencana makan tiap hari penting untuk penurunan berat badan sebagai cara mengontrol asupan kalori. Spontanitas sangat bagus untuk beberapa kegiatan, tetapi makan bukan salah satunya. Pakar penurunan berat badan merekomendasikan perencanaan makanan, bahkan untuk camilannya agar kalori tetap terkontrol dan asupan nutrisinya pun jadi seimbang. Tanpa perencanaan yang baik, kamu bisa lebih rentan terbujuk godaan gorengan dan cokelat.

Apa pentingnya mengisi jurnal makanan tiap hari?

Jurnal makanan penting untuk membantu melacak asupan kalori harian secara keseluruhan. Selain itu dalam jurnal makanan juga dapat melihat apakah dibutuhkan pengganti makanan yang lebih rendah kalori, dan untuk melihat pola makan.

Rajin mengisi jurnal makanan setiap hari dengan mencatat semua yang kamu lahap dapat melipatgandakan penurunan berat badan kamu. Jurnal makanan akan menyadarkan, seberapa banyak yang kamu santap. Informasi ini berguna jika kamu ingin memperbaiki pola makan. Catatan tertulis juga membuatmu lebih bertanggung jawab. Kamu jadi berpikir dua kali sebelum melahap makanan.

Apakah karbohidrat harus dihindari jika ingin menurunkan berat badan?

Saat diet bukan berarti semua karbohidrat harus dihindari. Karbohidrat dalam makanan olahan yang sebaiknya di-pantang. Meskipun diet rendah karbohidrat sangat populer, tapi tubuh kamu membutuhkan karbo sebagai bahan bakar penting ini untuk beraktivitas sehari-hari. Yang harus dihindari adalah karbohidrat dari gula, minuman manis seperti soda, junk food, dan lemak hewani. Konsumsi karbo dari biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Adakah makanan yang bisa dimakan dalam jumlah banyak, tapi tetap masih bisa menurunkan berat badan?

Sayuran yang diolah tanpa minyak. Saat diet, kita dapat mengonsumsi sayuran dengan bebas tanpa takut kelebihan asupan kalori. Sayuran relatif rendah kalori, kaya serat dan nutrisi yang mengenyangkan sehingga keseluruhan asupan makan jadi lebih sedikit.

Bagaimana dengan makanan berlemak favorit, apakah harus ditinggalkan?

Tidak, kamu tetap dapat mengonsumsinya tapi dalam porsi terbatas dan disesuaikan dengan batas konsumsi kalori harian. Logikanya kalau diet ya tidak menyantap makanan-makanan seperti cokelat, es krim, pizza, atau apa pun makanan berlemak. Semua sudah tahu itu, masalahnya jika semua itu dilarang, kamu akan merasa dorongan untuk menyantap makanan itu lebih besar dan sulit dikontrol.

Baca Juga: Tehnik Makan Perlahan Agar Nafsu Makan Lebih Terkontrol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membatasi pilihan makanan tidak membantu orang menurunkan berat badan. Sebenarnya bisa tetap mengonsumsi makanan-makanan favorit itu jika diatur dalam perencanaan makanan dengan baik.

Kurangi atau perbanyak tidur jika ingin menurunkan berat badan lebih cepat?

Perbanyak tidur agar bisa menjalani hari lebih aktif dan banyak bergerak. Melanjutkan aktivitas hingga larut malam mungkin tampak seperti cara cerdas untuk membakar kalori ekstra, tapi kurang tidur akan memicu perubahan hormon yang membuat orang lapar. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam per hari. Jika ingin turun berat, cukupilah kebutuhan tersebut.
Tidur membantu mengatur metabolisme. Bonus: Para peneliti mengatakan bahwa dengan tidur satu jam tambahan, Anda memotong kalori oleh 6% – karena jika kamu sedang tidur, maka tidak makan.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ