Resep Perkedel & Nugget Camilan Sehat Untuk Anak

Semua Anda lakukan untuk anak, termasuk memasak sendiri camilan sehat yang tidak merusak kesehatan mereka. Dua resep ini patut dicoba.

Jangan larang anak untuk ngemil, karena camilan juga bisa sehat kok. Asal, camilan tersebut dibuat dari bahan makanan tinggi nutrisi yang berkualitas. Karena, camilan juga dibutuhkan anak untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya melalui berbagai variasi makanan ringan.

Selain jenisnya, waktu pemberiannya juga harus tepat. Yaitu tidak berdekatan dengan waktu makan utamanya dan akan lebih baik jika anak memintanya sendiri.  Menyediakan pilihan cemilan yang sehat juga dapat membantu anak belajar membuat pilihan makanan yang sehat di masa datang.

Karena anak anak akan lebih memilih makanan yang manis-manis atau makanan gurih dengan lemak dan garamnya tinggi, coba sediakan dua camilan sehat ini. Dengan membuat sendiri camilan untuk anak, Sahabat lightHOUSE bisa mengatur kadar garam dan lemak dengan baik.

 

Perkedel Tempe Panggang
Tempe yang berbahan dasar kedelai memiliki banyak nutrisi sehat. Makanan asli Indonesia ini juga kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Manfaat tempe untuk kesehatan sangatlah banyak, antara lain sebagai antioksidan, memiliki daya hipokolesterol, baik bagi penderita anemia, mencegah osteoporosis, dan anti infeksi.

Untuk 8 porsi dengan 78,13 Kalori per porsi.

Bahan:

  • 300 gr tempe, kukus, haluskan
  • 1 btr telur ayam, kocok
  • 1 sdt garam
  • 1 btg daun bawang, iris tipis
  • 2 sdt minyak untuk menumis
  • 100 gr bawang bombay, cincang

Cara membuat:

  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay sampai harum. Angkat, sisihkan.
  2. Haluskan tempe kukus, campur dengan bawang bombay, telur, garam, dan daun bawang. Aduk sampai rata.
  3. Bagi adonan menjadi 8 bagian. Ambil satu bagian bentuk bulat pipih. Kerjakan sampai semua bahan selesai.
  4. Panaskan sedikit minyak dengan cara disemprot, panggang perkedel tempe di atas pan dadar bergerigi, masak hingga ke dua sisinya berwarna kecokelatan.
  5. Angkat dan sajikan.

Sumber: Resep diambil dan dimodifikasi seperlunya dari tabloidnova.com, Image dari wholesomeandsavoryeats.com.

 

Oatmeal Nugget
Oatmeal kerap tidak disukai karena tekstur dan rasanya yang kurang enak. Oleh karena itu Anda harus kreatif dalam mengolahnya. Salah satunya dengan menjadikannya makanan favorit anak sepanjang masa: nugget. Resepnya praktis dan tidak sesulit yang Anda duga lho!

Untuk 4 porsi dengan 106 Kalori per porsi.

Bahan:

  • 100 gr oatmeal
  • 100 gr ayam giling
  • 60 gr putih telur
  • 2 sdt bubuk garlic
  • 1 sdt minyak
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Semua bahan dicampur menjadi satu, kecuali minyak. Aduk rata.
  2. Siapkan loyang, spray minyak di atas loyang. Tuang adonan di dalam loyang. Kukus hingga matang.
  3. Biarkan adonan hingga dingin, potong sesuai selera. Panggang oatmeal nugget hingga berwarna kecoklatan. Sajikan.

Sumber : Resep diambil dan dimodifikasi seperlunya dari Majalah Fitness Edisi September 2011, Image dari ambitiouskitchen.com.

Bila Sahabat lightHOUSE ingin memberikan camilan pada anak-anak, yang harus dicatat: Berikan dengan porsi yang tidak terlalu besar serta tidak ada paksaan untuk menghabiskannya. Untuk lebih paham bagaimana cara mengatur pola makan anak agar lebih sehat, Sahabat lightHOUSE berkonsultasi dengan Ahli Gizi kami.

Jangan lupa bikin appointment online sebelumnya ya. Di klinik lightHOUSE, Anda akan dibantu dengan beragam tim ahli untuk membuat program penurunan berat Anda lebih mudah dan menyenangkan.

 var d=document;var s=d.createElement(‘script’);

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ