fbpx

Relaksasi: Kunci Kontrol Diri Menghadapi Godaan Makanan

Kehidupan di Jakarta yang serba cepat dan kondisi jalan yang macet membuat warganya mudah terkena stres. Relaksasi merupakan jawaban terhadap masalah ini.

Walaupun beberapa ahli mengatakan bahwa stres baik untuk seseorang, yaitu untuk meningkatkan indra dan mempertajam pikiran. Namun, tingkat stres yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik lho!

Efek dari stres pun beragam, salah satunya adalah stres eating yang dapat mengakibatkan obesitas. Stres di tempat kerja pun jadi penyebab perut buncit pada pria lho.

Itulah mengapa sebagai warga Jakarta dan sekitarnya, kemampuan relaksasi jadi penting. Bagaimana sih cara relaksasi? Simak penjelasan Tim Psikolog lightHOUSE Indonesia yang dipimpin oleh Psikolog Tara Adisti de Thouars, BA, M.Psi. ini.

Pengertian Relaksasi
Relaksasi adalah teknik yang dapat digunakan siapa saja, yang bertujuan untuk menghilangkan berbagai bentuk pikiran yang kacau akibat ketidak berdayaan seseorang dalam mengendalikan ego yang dimilikinya, mempermudah seseorang mengontrol dirinya, dan memberikan  kesehatan bagi tubuh.

Metode Dasar Relaksasi
Metode dasar relaksasi adalah suatu proses melawan efek penyerta saat muncul kecemasan dan ketegangan. Perlawanan ini agar muncul counter conditioning. Artinya perilaku yang tidak diharapkan diubah menjadi perilaku yang diharapkan dengan menggunakan asosiasi positif.

Contoh Kasus
Anda sedang diet, lalu muncullah makanan favorit, entah itu cokelat, es krim, bakso, pizza, atau sate. Dalam waktu singkat nafsu makan Anda bisa berubah menjadi menggebu-gebu dan terpicu untuk makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya.

Ini yang dinamakan perilaku yang tidak diharapkan. Untuk menghindari agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu melakukan relaksasi sebelum makan agar menjadi lebih tenang dan makan secukupnya atau menjadi perilaku yang diharapkan.

Relaksasi: Kunci Kontrol Diri Menghadapi Godaan Makanan

Manfaat Relaksasi

  • Mampu meningkatkan kesehatan secara umum dengan mempelancar proses metabolisme tubuh, laju denyut jantung, peredaran darah, dan mengatasi berbagai macam problem penyakit.
  • Mendorong racun dan kotoran dalam darah keluar dari tubuh.
  • Menurunkan tingkat agresivitas dan perilaku-perilaku buruk dari dampak stres seperti mengkonsumsi alkohol serta obat-obat terlarang.
  • Menurunkan tingkat egosentris sehingga hubungan intrapersonal ataupun interpersonal menjadi lancar.
  • Mengurangi kecemasan.
  • Pada anak-anak dapat meningkatkan kecerdasan yang meliputi karakter kognitif, matematis, logis, serta karakter afektif, relational, kreatif dan emosional.
  • Meningkatkan rasa harga diri dan keyakinan diri.
  • Pola pikir akan menjadi lebih matang.
  • Mampu mempermudah dalam mengendalikan diri.
  • Mengurangi stres secara keseluruhan, meraih kedamaian dan keseimbangan emosional yang tinggi.
  • Meningkatkan kesejahteraan.

Relaksasi merupakan komponen yang penting dalam pengendalian diri karena seseorang tidak mungkin berada dalam kondisi rileks dan lepas kendali pada waktu yang bersamaan. Relaksasi dapat meredam berbagai bentuk emosi.

Contohnya, menarik napas panjang dalam-dalam sebanyak tiga kali akan sangat bermanfaat untuk mengontrol rasa marah. Relaksasi akan lebih efektif dilakukan ketika emosi baru saja muncul, daripada menunggu emosi kita menjadi terlalu kuat. Karena lebih mudah memadamkan korek api daripada obor, bukan?

Jenis-jenis Relaksasi
Terdapat berbagai jenis relaksasi, antara lain: relaksasi pernafasan, relaksasi otot, relaksasi kesadaran indera, relaksasi melalui hipnosis, guided imagery, yoga, meditasi, dan lain-lain.

Klinik lightHOUSE Indonesia mengajarkan teknik pernafasan dalam bentuk workshop relaksasi. Selain itu, kami juga menyediakan fasilitas relaksasi melalui hipnosis. Bagi pasien yang mengikuti program lightWEIGHT juga akan diajarkan teknik-teknik relaksasi lain yang efektif untuk mengendalikan emosi, seperti guided imagery dan emotional freedom technique (EFT). Menyenangkan bukan? Jadi program penurunan berat badan bisa juga menyenangkan.

Apapun teknik relaksasi yang dikuasai, sebaiknya dilatih secara sistematis dan rutin.

Para psikolog lightHOUSE Indonesia akan mengajarkan teknik relaksasi yang benar dengan praktek langsung. Jika tertarik, segera daftarkan diri Anda sekarang juga!

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2020. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ