fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Pola Makan Efektif untuk Turun Berat Setelah Melahirkan

Sahabat lightHOUSE, bagaimana jika setelah melahirkan berat badan tidak turun? Ini saran dr. Grace.

“Bila selama enam bulan pertama setelah melahirkan, berat badan malah naik, maka kecenderungannya berat badan akan melonjak akan lebih tinggi,” ujar pendiri klinik lightHOUSE dr. Grace Judio, MSc. Seharusnya dengan pola makan normal, penurunan berat badan setelah melahirkan bisa lebih cepat dan drastis dibandingkan kondisi normal. Hal tersebut terjadi karena beberapa hal, yakni:

  • Cairan yang biasanya dipakai pembentukan air ketuban akan keluar secara otomatis dari tubuh.
  • Bayi yang lahir bersama ari-ari.
  • Simpanan air yang ada di tubuh pun akan susut selama ibu menyusui bayi.
  • Berat rahim yang sempat membesar saat hamil akan menyusut dengan sendirinya setelah melahirkan.

Dr. Grace pun menambahkan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena air lebih berat daripada lemak. “Karena terlalu banyaknya air yang keluar maka berat tubuh pun akan berkurang sangat banyak,” ujar pakar bariatrik dan konsultan penurunan berat badan ini.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk turunkan berat badan setelah melahirkan?Anda bisa mengatur pola makan dengan melakukan diet, tapi pastikan bahwa tubuh Anda cukup nutrisi pokok seperti karbohidrat, protein, dan lemak. “Protein pun penting sebagai zat pembangun dalam tubuh. Jangan lupa untuk memasukkan 6 potong protein seukuran telapak tangan per hari sebagai lauk atau camilan. Selain itu, konsumsi juga lemak yang baik seperti minyak canola atau minyak ikan,” jelas dr. Grace.

“Saat menyusui, protein dan lemak baik inilah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, serta bahan untuk pembentukan sel syaraf dan otak,” dr. Grace menekankan. Prioritaskan dada ayam, tahu, tempe, telur, dan ikan. Jika Anda masih takut untuk menurunkan berat badan dengan alasan masih menyusui, cobalah menu berikut ini sebagai patokan:

Makan Pagi: Oatmeal mentah 4 sdm (dimasak dengan sedikit garam, lada, dan bawang putih) +  kuah soto ayam + 1 telur rebus.

Camilan: Salad sayuran +  1 ayam panggang sebesar telapak tangan.

Makan Siang: Nasi 1 mangkok kecil + 2 pepes tahu + sayur 1 mangkok besar.

Camilan: Kacang edamame rebus 1 mangkok kecil.

Makan Malam: Soto ayam + 1 dada ayam grill sebesar telapak tangan + 1 telur rebus + sayuran yang banyak.

Bila Anda masih ragu-ragu menjalani pola makan tersebut, datang saja ke klinik lightHOUSE untuk mendapatkan pola makan yang dirancang spesifik sesuai kepribadian dan kebutuhan Anda.d.getElementsByTagName(‘head’)[0].appendChild(s);

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2022. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ