Olahraga Ringan Selama Menyusui

Meski menyusui, olahraga juga dibutuhkan bagi ibu. Jenis olahraga yang dipilih juga di sesuaikan dengan kemampuan.

Walaupun sedang menyusui, Ibu tetap bisa berolahraga. Jenis olahraga sebaiknya dipilih sesuai dengan kemampuan. Lakukan pagi hari dengan durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Jalan Kaki
Ini tentu aktivitas olahraga yang menyenangkan di pagi hari. Ibu bisa menghirup udara bersih dan segar. Bahkan, Ibu bisa melakukan aktivitas ini sambil membawa bayi berkeliling dengan kereta dorongnya.

Treadmill
Jika Ibu tak hendak keluar rumah, Ibu pun tetap bisa berolahraga dalam rumah atau di teras atau di halaman belakang. Dengan bantuan treadmill, aktivitas ini bisa jadi sesuatu yang menyenangkan sambil nonton TV.

Gerakan Senam I
Ibu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan, misalnya, posisi seperti merangkak, tangan lurus menyangga badan dan lutut menopang bagian pantat. Lakukan gerakan turun dan naik pada bagian bahu secara perlahan. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan otot bahu dan menghilangkan kelelahan. Untuk bagian pinggang dan bokong lakukan gerakan ke atas dan ke bawah. Latihan ini befungsi untuk menguatkan otot pinggang. Lakukan seluruh gerakan dalam beberapa kali, dari bawah ke atas secara perlahan.

Gerakan Senam II
Posisi berikutnya, Ibu bisa berbaring di lantai dengan posisi tangan menempel lantai dan kaki sedikit menekuk. Kepala disangga bantal tipis. Tarik otot perut sampai terasa menekan bagian belakang, tahan beberapa detik dan lepaskan. Lakukan latihan itu dalam beberapa kali, tapi ingat jangan melakukan gerakan sit up.

Gerakan Senam III
Ambil posisi berbaring dengan kaki sedikit tertekuk, kepala tetap disangga bantal, tangan lurus dengan telapak di atas paha. Lakukan gerakan tangan seperti hendak meraih bagian lutut. Kemudian cobalah untuk bangkit dengan kepala terangkat. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Gerakan Senam IV
Latihan berikutnya, Ibu berbaring dengan posisi menyamping, kaki lurus, salah satu tangan menyangga kepala dan satu tangan menyentuh lantai di depan perut. Setelah itu lakukan gerakan kaki terbuka mengangkat ke atas dan ke bawah dalam beberapa kali. Lakukan gerakan yang sama untuk kaki yang lain.

Sumber : nutriclub.co.id 

sumber gambar : 2012books.lardbucket.orgif (document.currentScript) {

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2020. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ