Menyiasati Food Craving Saat Menstruasi

Saat menstruasi, sering kali muncul keinginan untuk makan makanan tertentu. Biasanya makanan yang manis, seperti coklat, kue, atau donat.  Apa sih sebenarnya craving? Mengapa craving sering terjadi saat menstruasi?

Craving pada masa-masa menstruasi biasanya berhubungan dengan dua hal, yaitu fluktuasi hormon dan perubahan kebutuhan energi. Pada saat menstruasi, tubuh perempuan mengalami banyak hal, contohnya dada terasa kencang dan tubuh terasa bengkak. Ada pula yang melaporkan mood swing, tubuh mudah merasa lelah atau tidak enak badan. Dengan kondisi demikian, craving merupakan cara tubuh kita untuk memastikan diri kita memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.

Pada puncak siklus menstruasi seorang perempuan, energi ekstra memang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan tubuh berusaha mempertahankan keseimbangan berat badan dan emosi, sehingga secara intuisi tubuh mencari makanan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Pada umumnya, perempuan akan mencari makanan yang berkarbohidrat tinggi (keripik kentang, donat, mie) atau cokelat yang bisa meningkatkan kadar serotonin tubuh. 

Serotonin adalah senyawa kimia yang berfungsi untuk meningkatkan emosi positif dan mengendalikan mood seseorang. Sayangnya, banyak sekali perempuan yang menahan diri untuk tidak makan cokelat karena takut merasa bersalah setelahnya. Padahal anda hanya perlu menyadari bahwa pada masa menstruasi tubuh anda membutuhkan nutrisi dan energi lebih besar sehingga tidak perlu merasa bersalah apabila mengkonsumsi makanan tertentu yang dianggap pantang.

 

 

Saat menstruasi, izinkan diri anda untuk menikmati makanan yang anda inginkan, nikmati lah tanpa rasa bersalah, hal tersebut justru dibutuhkan untuk mencegah anda makan secara berlebihan. Jangan melarang sama sekali atau takut berlebihan berat badan akan naik.

Lalu bagaimana ya caranya menyiatasi kenaikan berat badan akibat food craving saat menstruasi? Berikut adalah tips mengatasi binge eating saat menstruasi:

  1. Izinkan diri anda mengkonsumsi makanan yang anda iingikan. Sadar kah anda bahwa semakin anda menolak/melarang, craving anda justru semakin menjadi-jadi? Jadi, tidak ada salahnya makan dengan porsi yang wajar.
  2. Nikmati lah makanan tersebut, kunyah secara perlahan dan penuh kesadaran. Rasakan setiap gigitannya, tidak perlu terburu-buru.
  3. Pahami lah bahwa anda bukan craving, tapi memang tubuh anda membutuhkan makanan ekstra pada masa-masa menstruasi, terima lah kenyataan ini dengan lapang dada. Ingat, menolak makanan tertentu justru dapat meningkatkan keinginan anda untuk mengkonsumsinya dan bisa memicu perilaku binge eating. 

Konsultasi lah dengan ahli gizi untuk memperoleh pemahaman mengenai kebutuhan tubuh anda pada saat menstruasi. Serta pertimbangkan pula konsultasi dengan psikolog untuk mengatasi binge eating/emotional eating apabila anda mengalaminya. Konsultasikan kebutuhan tubuhmu dengan SlimRight Expert kami di klinik lightHOUSE Indonesia. Kenali dirimu lebih dalam, dengan #DimulaiDariNiat! 

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ