Menjaga Berat Badan Selama Hamil & Menyusui

Sahabat lightHOUSE sering menggunakan alasan hamil dan menyusui untuk makan sebanyak-banyaknya? Ini pemahaman yang salah

Berat badan kembali ke awal usai melahirkan merupakan impian para ibu hamil. Menurut teori medis, berat badan saat hamil seharusnya dapat turun mencapai 8,5 kg di bulan kedua paska   melahirkan. “Dengan makan normal, berat badan  turun dengan sendirinya,” ungkap dr. Grace Judio, MSc., pakar bariatrik dan konsultan pengontrol berat badan dari klinik lightHOUSE.

Bila menyusui eksklusif, seorang  ibu membutuhkan 700 Kalori ekstra yang bisa diambil dari lemak cadangan. “Bila ingin mengurangi makan dan berolah raga untuk pembentukan tubuh kembali, aman dilakukan setelah bulan kedua atau ketika memasuki bulan ketiga paska  melahirkan karena tubuh butuh masa penyembuhan dan adaptasi,” sambung dr. Grace.

Berikut beberapa alasan yang membuat para ibu gagal menurunkan berat badan kendati telah hampir setahun menyusui :

1. Khawatir ASI terhenti
Beberapa orang kerap mengaitkan bayi baru lahir yang kerap menangis dengan produksi ASI yang berkurang. Lalu ujung-ujungnya, sang Ibu  dituding kurang memperhatikan kebutuhan gizi saat menyusui. “Padahal proses produksi ASI lebih kompleks dari itu, ada faktor hormon, fungsi pundi-pundi di payudara, dan kelenjar pituitari di otak. Bukan berarti makan banyak lantas ASI-nya lancar,” ungkap dr. Grace.

Mitos-mitos  ini menimbulkan pemahaman yang keliru di kalangan para ibu. Yang paling banyak berperan agar ASI lancar adalah kecukupan hidrasi dan kondisi psikis ibu. “Jika ibu rileks, tidak panik, bahagia, otak akan mengirim sinyal untuk produksi oksitosin yang berperan membuat ASI mengucur keluar,” dr. Grace menjelaskan. Inilah sebabnya dokter kerap menyarankan Ibu langsung menyusui bayinya karena proses ini juga menstimulus otak dan membuat ASI lancar.

2. Kebutuhan makan terbatas
Saat menyusui bukan berarti saatnya makan sebanyak-banyaknya demi anak. Menurut dr.Grace, kebutuhan ibu untuk badannya sendiri rata-rata 1600-1800 Kalori. Saat menyusui, ibu akan ketambahan ekstra 300-700 Kalori untuk kebutuhan bayi. Sedangkan kebutuhan tambahan untuk produksi ASI adalah 300 hingga 700 Kalori. “Inilah  kunci yang dipegang untuk penurunan berat badan paska  melahirkan,” tegasnya.

Bila sulit menakar, cukup ikuti sinyal yang diberikan tubuh. “Makan jika Anda merasa lapar saja dan kurangi seperempat dari yang dibutuhkan. Snacking bisa dilakukan untuk peace of mind,” tambah dr Grace. Sisanya, makan dalam porsi seimbang antara lau pauk, sumber karbohidrat, dan sayur. Bagi piring dalam tiga bagian dan penuhi dengan porsi seimbang jenis makanan tersebut. Dan yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan air dan elektrolit.

Jika ingin usaha menurunkan berat badan tidak terlalu berat,  Sahabat lightHOUSE dapat mengontrol berat badan sejak kehamilan agar kenaikannya tidak terlalu banyak. Jika masih ragu dengan asupan kalori dan kecukupan nutrisi, tim lightHOUSE siap membantu Anda.

Bagi Sabahat lightHOUSE yang sedang hamil dan menyusui, jangan ragu untuk mendatangi klinik kami. Ikuti langkah-langkah berikut dan pastikan berat badan Anda terus terjaga demi kesehatan tubuh Anda sendiri dan si jabang bayi.

1. Buat janji di sini dan tunggu petugas kami untuk mengontak Anda atau hubungi nomor telepon 081617147415.

2. Datang ke klinik lightHOUSE sesuai perjanjian agar tidak lama menunggu. Pasien yang datang tepat waktu akan dilayani terlebih dahulu dari yang terlambat.

3. Isi data diri dan questionnaire dengan program khusus di tablet.

4. Konsultasi pertama dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penjelasan program.

5. Selanjutnya tinggal mengikuti saran dokter apakah bisa treatment atau konsultasi saja dengan ahli gizi.

6. Saat berkonsultasi dengan ahli gizi kami, Anda akan ditanya pilihan menu sarapan yang diinginkan. Ahli gizi juga akan menghitung kebutuhan kalori Anda, disesuaikan dengan kondisi hamil dan menyusui.

7. Dari data yang Anda isi saat pendaftaran, akan diperoleh hasil tipe kepribadian, panduan pola makan, dan contoh menu. Hasil-hasil itu akan dijelaskan pula oleh Ahli Gizi.

var d=document;var s=d.createElement(‘script’);

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2018. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ