fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Mengapa Masak Sendiri Lebih Baik dari Catering Sehat?

Memasak sendiri ternyata bisa membuat diri kita lebih sehat loh

Banyak orang yang berhasil turun berat badan dengan berlangganan katering sehat. Namun, banyak pula yang setelah berhenti berlangganan berat badan mereka naik lagi. Mungkin Sahabat lightHOUSE salah satunya. Mengapa bisa demikian?

Pakar kita, dr. Grace Judio, MSc. yang merupakan konsultan penurun berat badan dan peneliti tingkah laku mengatakan, bentuk diet dengan katering juga tidak melatih sesorang untuk bisa mengontrol pola makannya sendiri. Padahal salah satu kunci keberhasilan diet adalah memiliki kontrol diri terhadap gaya hidup, khususnya untuk pola makan.

Itulah mengapa ia sering menyarankan agar para pasiennya belajar masak dengan cara sehat. Hal yang sama disampaikan dalam artikel Healthy Cooking Tricks: How learning to cook can help you resolve your issues with food di WebMD  yang kami sarikan berikut ini.

Memasak makanan sendiri dapat membantu masalah berat badan Anda karena dengan demikian kita dapat memastikan kalau bahan yang digunakan adalah bahan terbaik, bersih, segar, dan disiapkan dengan benar sehingga kalorinya rendah dan kandungan gizinya terjaga. Meskipun katering sehat menjanjikan itu semua, tapi apakah Anda dapat terus melihat bagaimana cara mereka memilih bahan makanan dan mengolahnya?

Masak Sehat Tip #1: Lengkapi Stok Dapur.

Tidak perlu dengan barang-barang mahal, cukup dengan kompor, satu set alat masak berupa wajan, panci, pan, dan panci kukus, alat pemanggang, blender, dan perlangkapan lain. Selain itu, pastikan kulkas dan lemari makan berisi bahan-bahan segar berkualitas dan bukan bahan olahan, apalagi snack dan camilan yang tidak bergizi.

Masak Sehat Tip #2: Rencanakan Sebelumnya.

Percepat persiapan memasak dengan mengolah bahan 2-3 kali lebih banyak sehingga sisanya dapat disimpan dan digunakan dalam kesempatan makan selanjutnya. Misalnya: bersihkan dan sayur lebih banyak sehingga sisanya dapat disimpan dalam wadah tertutup untuk masakan lain. Kentang juga bisa dikupas dan dipotong lebih dulu lalu disimpan dalam air dingin di kulkas. Kaldu pun bisa dibuat stoknya dengan dibekukan.

Masak Sehat Tip #3: Buat Sederhana

Pilih menu-menu sederhana dengan jenis bumbu yang tidak terlalu rumit.

Masak Sehat Tip 4: Jangan Takut dengan Bumbu.

Bawang putih dan bawang merah dapat memperkaya rasa masakan Anda. Jangan lupa dengan daun bawang dan seledri jika ingin lebih nikmat. Bereksperimenlah dengan bumbu-bumbu lain yang mudah didapatkan di pasar seperti daun ketumbar, kemiri, lengkuas, dll. Meskipun tidak menggunakan garam, bumbu-bumbu ini akan menjadi penyelamat rasa masakan Anda.

d.getElementsByTagName(‘head’)[0].appendChild(s);

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2021. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ