Mengapa Diet Harus Menyenangkan?

Program lightWEIGHT di lightHOUSE memiliki banyak kelebihan sehingga lebih mudah Anda ikuti dan lebih besar keberhasilannya. Mengapa?

Banyak orang yang gagal dalam program diet yang terlalu ketat, mulai dari diet jus, diet mayo, sampai OCD. Menurut ahli gizi dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK, ada beberapa hal yang berpengaruh mengapa diet terlalu ketat justru memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk gagal, yaitu :

  1. Membuat Anda terjebak dalam siklus yoyo, karena berat badan yang naik turun membuat tubuh Anda semakin lama semakin sulit untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang terjadi semakin sedikit, sedangkan kenaikan berat badan yang terjadi semakin besar.
  2. Kemungkinan cheating menjadi lebih besar karena Anda tidak mendapatkan satiety dan rasa capek-bosan dalam menjalankan diet yang terlalu ketat tersebut.

Diet terlalu ketat atau diet ekstrim justru bisa menggagalkan program penurunan berat badan.

Karena itu, menurut dr. Eva, program diet seharusnya mudah, menyenangkan, dan komprehensif. meliputi pola makan dan perencanaan makan, pola hidup, kontrol diri, dan aktivitas fisik.

Program lightHOUSE: Enjoy, Healthy, Fun
Sejalan dengan pendapat dr. Eva di atas, Program Manager lightHOUSE Vera Napitupulu menjelaskan program seperti itulah yang dilakukan di lightHOUSE. Salah satunya adalah program penurunan berat badan di lightHOUSE yang minim pantangan.

“Inti program penurunan berat badan di lightHOUSE adalah Enjoy, Healthy, and Fun,” jelas Vera. Para pakar lightHOUSE mengerti, pantangan itu biasanya datangnya dari pengaturan pola makan. Karena itu di klinik lightHOUSE, pola makan dibuat mendekati “tailor made”. “Prinsipnya, gizi harus seimbang walupun defisit kalori. Pantangan diperlukan dalam pengaturan pola makan, tetapi terbatas pada makanan-makanan yang memang benar-benar harus dihindari. Dan kalaupun ada pantangan lain, maka dibuat seminim mungkin agar pasien juga tidak bingung menyediakan makanannya,” ujar Vera menambahkan.

Di klinik lightHOUSE, fase-fase makanan dibuat dengan tujuan supaya tubuh pasien menggunakan cadangan energinya terpakai terlebih dahulu. Dengan pola makan fase yang dibuat, pasien menjadi lebih fokus pada makanan-makanan yang diperbolehkan pada fase tersebut sehingga pasien tidak bingung.

Selain program yang dirancang secara komprehensif dan sistematis, program lightWEIGHT di klinik lighhtHOUSE juga dibuat menyenangkan. Materi edukasi dibuat secara terstruktur dengan media-media penunjang menggunakan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, pasien tidak hanya tahu melalui buklet-buklet (lightHOUSE juga menyediakan buklet-buklet yang menarik) dan bisa diunduh di smartphone. Klinik lightHOUSE telah menyiapkan program-program baru yang membantu melatih kontrol diri supaya lebih baik, yang mungkin tidak ada di tempat lain. Selain itu, juga ada konsultan yang terlatih dan profesional di bidangnya, seperti dokter, psikolog, ahli gizi, dokter spesialis kesehatan olahraga.

Tingkat keberhasilan
Tingkat keberhasilan penurunan berat badan sangat dipengaruhi dari motivasi masing-masing pasien. Bagi pasien obesitas yang memiliki motivasi yang tinggi, dengan dibantu dengan program lightHOUSE yang menyenangkan, dia bisa menurunkan berat badan hingga 30 kg. Sementara itu, pasien yang berat badannya tidak terlalu besar bisa menurunkan berat badan 10%  dari berat badan awalnya. Ini juga sudah sangat baik karena penurunan berat badan 10% saja, sudah membantu memperbaiki kondisi kesehatan seseorang.

Selain pengaturan pola makan dan kontrol diri, lightHOUSE juga memiliki terapi penunjang, seperti mesotherapy untuk mengecilkan lingkar-lingkar tubuh dan injex untuk membakar lemak perut sebelah dalam, serta obat-obatan jika dirasakan perlu. Tentu saja, ini diberikan setelah mendapat persetujuan dari dokter di klinik lightHOUSE. Ketahui lebih jauh terapi-terapi di klinik lightHOUSE.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2020. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ