Makanan Induksi Tidak Harus Raw Food lho! Coba Resep lightMEAL Ini

Kesulitan mencari makanan saat menjalani induksi? Tidak harus mentah kok. Coba dua resep berikut yuk!

Raw food bukan menyantap aneka daging mentah ala sashimi Jepang. Maksud raw food atau makanan mentah adalah plant based diet, yaitu makanan yang terdiri dari sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-biji mentah.

Bila ingin menjalani pola makan raw food, 70% makanan yang Anda konsumsi sehari-hari terdiri dari sayur dan buah mentah, serta kacang-kacangan (kecuali kacang tanah yang sangat mudah berbakteri karena kulitnya berpori), juga biji-bijian seperti wijen, chia seeds, flax seeds sampai kuaci mentah.

Tidak seperti vegetarian yang tidak makan protein hewani, penyantap raw food masih bisa menyantap lauk pauk dari daging hewan. Namun, pengolahannya tidak dimasak dengan minyak panas. Tujuannya raw food ini untuk menjaga enzim di dalam makanan masih tetap hidup ketika masuk ke dalam tubuh sehingga memperingan kerja tubuh.

“Pengolahan makanan dengan cara digoreng, dibakar, atau dipanggang dengan suhu tinggi dapat meningkatkan inflamasi yang disebabkan oleh paparan advanced glycation end products,” pakar kami, dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK membandingkan. Nah, karena tidak ada proses pengolahan makanan pada raw food, maka potensi inflamasi berkurang.

Namun yang perlu diperhatikan dalam diat raw food, tidak beda jauh dengan vegetarian. “Perlu diperhatikan kecukupan protein, vitamin B12, selenium, dan zinc. Kecukupan protein diperlukan untuk memperbaiki kondisi kulit dan rambut,” ujarnya.

Nah, dalam tahap induksi yang mengawali program penurunan berat badan Anda, kekurangan nutrisi-nutrisi itu tidak perlu dikhawatirkan, karena prosesnya hanya 3 hari. Selain itu, Sahabat lightHOUSE tidak harus menyantap raw food terus kok selama induksi.

Kami punya dua resep sayuran yang dimasak dan cocok untuk santapan tahap induksi Anda. Coba yuk!

Tumis Jantung Pisang Pepaya Kecombrang
Jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral terutama fosfor, kalsium dan zat besi maupun vitamin seperti beta karotin (pro vitamin A), Vitamin B1 dan C dan juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan yang terdapat dalam jantung pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh guna tercukupinya nutrisi dan aneka gizi.

Jantung pisang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama (oleh kandungan seratnya). Penderita diabetes juga bisa memakan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah.

Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Jantung pisang juga dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah). Sangat baik juga dikonsumsi oleh penderita sembelit dan ambeian.

Jantung pisang dapat diolah menjadi acar, ulam, sayur lodeh, digulai, ditumis, dendeng, sate, abon, urap dan banyak lagi.

Untuk 1 Porsi dengan 86,6 Kalori per porsi.

Bahan :

  • Jantung pisang 50 g
  • Pepaya Muda 100 g
  • Kecombrang 50 g
  • Sereh 10 g
  • Bawang merah 5 g
  • Bawang putih 10 g
  • Indian curry 2 g
  • Lengkuas 10 g
  • Minyak canola 5 cc
  • Air 100 cc
  • Garam sesuai selera
  • Merica bubuk sesuai selera

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan cuci bersih di air mengalir.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih, jantung pisang dengan bentuk memanjang (matchestick), dan pepaya dengan potongan bentuk segitiga (paysanne).
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan sereh dan lengkuas, serta indian curry.
  4. Aduk rata semua rempah, kemudian masukkan sayur (jantung pisang dan pepaya). Tambahkan garam dan merica. Masak hingga matang.

Tips: Sebelum diolah jantung pisang dibuang dahulu kelopak luar yang berwarna merah, sisakan yang berwarna putih kekuningan, cuci bersih untuk kemudian cincang/iris halus. Untuk menghilangkan getahnya, dan rasa sepatnya cukup dikukus, direbus sebentar ataupun direndam dengan air sebelum diolah.

*Resep sudah diuji coba di divisi produksi lightMEAL

2dweumr

Sauted Vegetable With Garlic Sauce
Kata sauté berasal dari bahasa Perancis yang artinya “loncat.” Ini mengacu pada makanan yang akan loncat-loncat saat dimasukkan ke dalam penggorengan panas berisi minyak. Sauté adalah cara menumis dengan menggunakan sedikit minyak. Dengan sauté ini, vitamin dan mineral dalam sayuran akan tetap terjaga. “Cara menumis yang baik akan membuat rasa dan warna sayuran tetap baik,” ujar dr. Eva.

“Menggunakan minyak berlebih saat menumis tidak baik karena selain mengurangi kandungan gizi, juga menambah kalori masakan tersebut,” ujar dr. Eva. Ia menambahkan, sebenarnya Anda bisa menumis dengan menggunakan air.

“Tambahkan bumbu yang banyak agar rasa sayur tetap enak. Penambahan bumbu tidak memengaruhi kalori, tapi penambahan minyak 1 sdt saja sudah 50 Kalori,” dokter spesialis gizi ini menjelaskan. Bukan hanya sayur yang diolah degan cara salah yang bisa meningkatkan berat badan, konsumsi buah pun jika tidak tepat bisa meningkatkan berat badan.

Untuk 1 Porsi dengan 100,4 Kalori per porsi.

Bahan :

  • Wortel 50 g
  • Buncis 25 g
  • Brokoli 30 g
  • Kembangkol 30 g
  • Garlic Sauce: Bawang putih 20 g, Minyak canola 5 cc, Air 100 cc
  • Garam dan merica bubuk sesuai selera

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan cuci bersih di air mengalir.
  2. Potong wortel bentuk stick (Julienne), buncis dengan potongan panjang (Batonnette), serta brokoli dan kembangkol.
  3. Rebus semua sayuran selama 3 menit.
  4. Garlic Sauce: Cincang bawang putih , kemudian tumis dengan minyak hingga harum. Tambahkan air, lalu masukkan garam dan merica bubuk. Masak hingga matang.

Tips: Penyajian dapat disajikan dengan di tumis kembali sayuran dengan garlic sauce, maupun sajikan dengan sauce terpisah.

*Resep sudah diuji coba di divisi produksi lightMEAL

Sahabat lightHOUSE sibuk di kantor atau di rumah dan tidak sempat masuk dapur untuk menyiapkan makanan kala induksi? Kami mengerti kok masalah Anda. Sahabat lightHOUSE bisa memesan paket lightMEAL Induksi di klinik lightHOUSE.

Jadi, Anda tidak perlu memasak atau pusing-pusing memikirkan apakah makanan ini termasuk makanan induksi atau bukan? Pilihan makannya yang dihantar selama tiga hari pun variatif dan tidak membosankan.

Segera datang ke klinik lightHOUSE dan pesan paket induksi yuk! Jangan lupa bikin appointment online sebelumnya ya. Di klinik lightHOUSE, Anda akan dibantu dengan beragam tim ahli untuk membuat program penurunan berat Anda lebih mudah dan menyenangkan.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ