fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Macet, Stress dan Hubungannya Pada Kenaikan Berat Badan Anda

Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu setiap hari untuk pergi bekerja dan kembali lagi ke rumah., diiringi dengan kemacetan yang sama pula setiap harinya. Orang-orang bahkan menjuluki dirinya sendiri ungkapan “tua di jalan” untuk menggambarkan bagaimana macetnya jalanan ibu kota. Tidak hanya itu, sebuah studi terbaru mengungkapkan kemacetan panjang dapat merugikan kesehatan kita.

Bagi sebagian orang, perjalanan sehari-hari dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, memberikan waktu untuk refleksi atau kesempatan untuk bersantai. Namun, jika terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan seperti terjebak macet justru memiliki efek merusak pada kesehatan.

Terlalu lama terjebak macet bahkan bisa menyebabkan berat badan menjadi naik. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang macet saat ingin pulang ke rumah membuat sebagian orang melampiaskannya pada berbagai makanan untuk mengurangi kejenuhan.

Pasti tidak sedikit dari kita yang memutuskan untuk mampir ke tempat makan terlebih dahulu sepulang kerja, untuk menghindari kemacetan di jalanan. Niat hati hanya ingin makan ringan, tapi ada daya jika sudah tergoda menu-menu terbaru yang ditawarkan. Makanan memang seringkali dijadikan comfort zone ketika menghadapi stres.

Baca Juga: Makan Buah dengan Rutin Dapat Mencegah Penyakit Tak Menular

Menjadikan makanan sebagai comfort zone tidak lepas dari sugesti-sugesti yang mengatakan makanan dapat menyelesaikan masalah tertentu. Misalnya sugesti saat masih kanak-kanak tentang coklat dan es krim yang dapat memperbaiki mood atau menghilangkan stres. Psikolog Klinik lightHOUSE, Anindita Citra, S.Psi, M.Psi, mengungkapkan bahwa kita tidak perlu melampiaskan perasaan stres kepada makanan, yang harus dilakukan adalah menyelesaikan masalah yang menyebabkan kita merasa stres tersebut.

Kebanyakan orang lebih senang melampiaskan masalah ketimbang menyelesaikan masalah. Melampiaskan masalah dengan cara makan berlebihan adalah salah satu cara yang paling banyak diminati orang-orang. Saat terjebak macet, makan adalah solusi terbaik bagi sebagian orang padahal bukan itu solusinya. Makan berlebihan bukan menyelesaikan masalah melainkan membuat masalah baru muncul yaitu kenaikan berat badan.

Jadi bagaimana seharusnya menyikapi kondisi jalanan yang macet ditambah beban stres yang Anda bawa dari kantor? Tidak selalu dengan cara melampiaskan pada makanan, berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan ketika terjebak macet tanpa harus mengorbankan kenaikan berat badan.

#1. Membuat Jadwal Khusus

Jika Anda adalah tipe orang yang malas untuk bermacet-macetan di jalan, cobalah untuk membuat sebuah jadwal atau mengikuti satu kegiatan sepulang kerja sembari menunggu jalanan lengang. Misalnya, mengatur jadwal jogging bersama teman kantor sepulang kerja, latihan gym, bermain futsal,  merawat diri ke salon, mengikuti kursus fotografi, menulis dan sebagainya.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan Dengan Terapi CBT dan Bedah Bariatrik, Apakah Aman?

#2. Hiburan di Perjalanan

Untuk menghindari godaan makanan di sepanjang perjalanan pulang Anda ke rumah, cobalah untuk selalu menyediakan hiburan tersendiri saat Anda terjebak macet. Menonton video di YouTube, membaca buku, atau mendegarkan musik dapat membuat Anda lupa kepada godaan makanan.

#3. Mengikuti Kelas Relaksasi

Relaksasi bertujuan untuk mengelola emosi, menetralkan emosi serta perasaan. Dengan mengikuti relaksasi tubuh akan lebih tenang sehingga kita dapat mendengar dengan baik sinyal-sinyal yang disampaikan oleh tubuh. Jika tubuh Anda tenang, Anda tentu tidak akan tergoda berbagai jajanan di jalan saat macet. Hal itu disebabkan karena Anda dapat mendengar suara tubuh yang menyampaikan bahwa tubuh Anda belum lapar dan tidak perlu diisi saat itu juga.

Baca Juga: Efek Samping Diet Mayo Menurut dr. Grace Judio

Nah itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu Anda ketika terjebak macet. Dengan begitu Anda dapat mengurangi risiko kesehatan serta menghindari kenaikan bobot tubuh. Untuk relaksasi sendiri, Anda dapat mengikuti-nya di klinik lightHOUSE. Psikolog kami memiliki kelas workshop relaksasi reguler bagi Anda yang ingin terhindar dari kenaikan berat badan pada saat stress. Kunjungi klinik lightHOUSE terdekat untuk mendaftarkan diri Anda dalam kelas relaksasi lightHOUSE!

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2021. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ