Lebaran Lebih Sehat dengan Menu Opor Ayam Susu Kedelai

Hari Raya Idul Fitri atau yang dikenal dengan Lebaran di Indonesia identik dengan berbagai sajian lezatnya. Daging rendang, opor ayam, semur daging sapi, ketupat santan adalah hidangan lezat yang selalu ada di setiap kali momen lebaran tiba.  Lezat memang sajian yang dihidangkan, namun lezat tidak berarti sehat. Seringkali makanan yang dihidangkan saat lebaran mengandung banyak minyak, santan, dan tentunya tinggi kalori terlebih lagi Opor ayam.

Opor Ayam mengandung kalori dan lemak yang tak sedikit. Hal ini disebabkan karena opor ayam dibuat dengan cara merebus ayam hingga empuk sehingga keluar minyak yang tinggi akan lemak jenuh. Banyak keluarga yang kemudian langsung mencampurkan bumbu-bumbu dan memasukkan santan tanpa menyaring minyak pada permukaan air rebusan ayam terlebih dulu.

Menyaring minyak pada permukaan air rebusan bertujuan untuk mengurangi kandungan lemak pada Opor ayam. Selain menyaring minyak yang dihasilkan saat merebus ayam, mengganti santan dengan susu kedelai juga dinilai lebih sehat karena lebih rendah kalori dan rendah lemak. Makanan bersantan identik dengan kalori tinggi, mengandung lemak jenuh, dan dapat meningkatkan kolesterol sehingga tidak baik untuk menu Lebaran untuk kamu yang sedang menjalani diet. Ikuti resep berikut ini untuk opor ayam yang lebih sehat!

Resep Opor Ayam Susu Kedelai

 

Bahan-Bahan:
1 ekor ayam kampung, potong-potong menjadi 12 bagian
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, digeprek
2 batang serai, digeprek
1 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm gula merah
1000 ml susu kedelai
2 sdm minyak untuk menumis
2-3 gelas air

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 1/2 sdt ketumbar, sangrai
1/4 sdt jinten

Cara Membuat:

  1. Blender semua bahan untuk bumbu hingga halus, kemudian panaskan minyak goreng dan mulai tumis bumbu di panci hingga harum.
  2. Masukkan daun salam, lengkuas, dan serai yang sudah digeprek. Aduk-aduk sebentar hingga harum.
  3. Masukkan ayam dan tumis hingga ayam berubah warna. Kemudian masukan air dan rebus hingga ayam empuk.
  4. Setelah ayam mulai empuk, matikan api kompor dan diamkan sejenak. Kamu akan melihat minyak mulai mengambang pada permukaan air. Minyak ini berasal dari kulit ayam yang direbus dalam waktu yang lama dan mengandung lemak jenuh. Ambil sendok sayur untuk mengambil minyak dari permukaan air hingga habis.
  5. Nyalakan lagi api kompor, kemudian masukkan susu kedelai, garam, gula merah, dan merica bubuk. Rebus lagi hingga ayam benar-benar empuk dan kuahnya meresap.
  6. Matikan kompor dan taburi dengan bawang goreng di atasnya. Sajikan dengan ketupat atau lontong dan kerupuk udang.

Tidak terlalu sulit bukan membuat sajian yang lezat namun tetap sehat di momen berkumpul bersama keluarga saat hari Raya Lebaran? Semoga resep ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda, ibu rumah tangga yang sedang kebingungan masak apa saat hari raya lebaran tiba! 😀

Stay Healthy

Get trusted advice from the doctors at lightHOUSE and stay up-to-date.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2018. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ