fbpx

Klinik lightHOUSE Ajak Perbaiki Kebiasaan Makan dengan #LiveRightSlimRight Challenge dalam Hari Kesehatan Mental Sedunia

Apakah lightBuddy sering mengalihkan rasa stress dengan makan? Tetap makan saat kondisi tidak lapar atau perut kenyang? Atau cenderung mengisi perut hingga penuh? Hati-hati, mungkin anda sedang mengalami emotional eating!

Apa Itu Emotional Eating?

Emotional eating adalah salah satu jenis gangguan psikologis yang ditandai perilaku atau kebiasaan makan yang abnormal atau terganggu. Emotional eating terjadi jika anda makan untuk menyalurkan emosi tertentu. Makanan menjadi sarana untuk memberikan kenyamanan bagi anda dan pelarian dari emosi yang anda rasakan.

Ketika anda terjebak dalam emotional eating, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh. Ketika emotional eating terjadi, seseorang cenderung memilih makanan yang kurang sehat sebagai comfort food. Misalnya kue, minuman yang manis, pizza, ayam goreng, dan lainnya. Konsumsi makanan-makanan tersebut akan menaikkan berat badan dan lama kelamaan akan mempengaruhi performa dan kesehatan tubuh anda.

Untuk mengatasi emotional eating, anda bisa mempelajari bedanya lapar perut atau lapar mata. Berikut ini adalah cara yang dianjurkan oleh Psikolog Klinik lightHOUSE, Naomi Tobing, untuk mempelajari bedanya lapar perut dan lapar mata :

 

Bagaimana Membedakan Lapar Perut atau Lapar Mata?

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengecek lapar perut atau lapar mata :

  • Pertama, saat muncul keinginan makan, pastikan dulu apakah itu lapar perut atau lapar mata? Saat kita lapar mata, akan ada tanda fisik seperti perut berbunyi, kepala pusing, san sebagainya. Tanda tersebut akan hilang kalau kita makan. Tetapi jika tidak ada sinyal lapar dari perut dan mulutnya kepengen makan, makan hanya menjadi cara untuk mengisi emosi saja.
  • Kedua, lapar mata biasanya munculnya tiba-tiba, harus langsung dipenuhi saat itu juga. Sementara lapar perut biasanya muncul secara bertahap, makannya bisa apa aja, bukan harus satu makanan yang spesifik atau favorit kamu. Lapar mata erat kaitannya dengan stimulus eksternal yg diterima alat indra kita, misalnya setelah melihat iklan makanan, atau melewati toko roti.

 

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Untuk mencegah emotional eating, lightBuddy bisa melakukan latihan kontrol diri. Psikolog Klinik lightHOUSE, Naomi Tobing, memberikan beberapa langkah untuk melatih kontrol diri :

  • Pilihlah Makanan Yang Terbaik Untuk Dikonsumsi.

Dari segala jenis makanan yang ingin lightBuddy konsumsi, pilihlah yang terbaik untuk diri lightBuddy. Terbaik artinya memiliki efek positif untuk tubuh. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan.

  • Lakukan Praktek Mindful Eating

Rasakan wangi makanan yang ingin anda makan, kunyahlah secara perlahan, rasakan makanan yang sedang anda santap.

  • Lakukan Aktivitas Lain Untuk Menghilangkan Stress

Rasa stress mulai timbul? Hilangkan kebiasaan makan untuk menghilangkan stress, mulailah mengalihkan rasa stress dengan aktivitas lainnya. Misalnya membaca buku, bermain bersama anak atau binatang peliharaan, menonton film seri, dan kegiatan lainnya. Temukanlah kegiatan yang lightBuddy sukai.

 

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Klinik lightHOUSE mengadakan #LiveRightSlimRight Challenge untuk mengajak lightBuddy lebih sadar akan kesehatan mental dan membangun kebiasaan makan yang lebih baik. Dalam challenge ini, peserta challenge bisa mencoba praktek kontrol diri sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh Psikolog Klinik lightHOUSE, Naomi Tobing dan membagikan perjalanannya melakukan kontrol diri di Instagram.

Eating disorder adalah salah satu gangguan mental yang sering kali tidak ditangani dengan baik. Padahal, efeknya bisa saja sampai mengganggu kesehatan tubuh. Klinik lightHOUSE berharap challenge ini dapat membantu lightBuddy mengenal jenis gangguan mental dan cara mengatasinya.

Jika anda sedang mengalami emotional eating dan ingin memperbaiki eating habitmu, Klinik lightHOUSE sebagai SlimRight Expert menyediakan layanan konsultasi dengan psikolog yang bisa diakses secara online maupun offline. Dengan biaya mulai dari Rp. 50.000, anda bisa mengawali langkah untuk memelihara kesehatan jiwa. Daftarkan sesi konsultasi anda bersama Psikolog Klinik lightHOUSE di sini.

Yuk kita bangun kebiasaan makan yang lebih baik untuk tubuh lebih sehat bersama Klinik lightHOUSE<, #YourSlimRightExpert!

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2020. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ