fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Kandungan Gizi Dalam Seporsi Sayur Bening Si Kecil

Semakin bening serta hijau sayuran yang kita makan, maka akan semakin tinggi kadar kalsium yang kita dapatkan

Pernahkah Anda memberikan sayur bening bayam untuk si kecil? Hampir semua Ibu dan mungkin Anda salah satunya pernah membuatkan sayur bening bayam untuk balita. Tahukah Anda nutrisi apa yang sebenarnya terkandung dalam semangkuk sayur bening bayam? Bisakah memenuhi kebutuhan vitamin si kecil dalam sehari?

Nilai gizi 1 porsi sayur bening adalah 40,8 Kkal,  protein 1,3 gram, lemak 0,9 gram, dan karbohidrat 7,6 gram.

Bahan dan kandungan gizinya:

  • Bayam rebus: sumber serat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalsium (Ca), zat besi (Fe), magnesium (Mg), fosfor (P), kalium (K), zat seng (Zn), tembaga (Cu), dan mangan (Mn). Kadar lemak jenuhnya rendah, tap kadar natrium (Na) tinggi
  • Jagung pipil rebus: sumber protein, karbohidrat, asam folat dan vitamin B1 (tiamin)

Saran penyajian:

  • Untuk menambah nutrisinya, tambahkan jenis sayur lain, seperti labu siam, buncis, wortel dan tomat
  • Porsi yang dianjurkan: ½  mangkuk sehari (200-250 ml) atau maksimal 2 kali pemberian masing-masing ½ mangkuk, agar si kecil masih dapat memperoleh zat gizi dari makanan lain, misalnya protein dan lemak  dari ikan atau daging.
  • Bila terlalu banyak, tidak berdampak buruk, selama sumber energi dan protein terpenuhi. Yang dikhawatirkan, si kecil menjadi kenyang sayur, sehingga asupan energi dan protein ditolaknya. Akibatnya dapat menimbulkan masalah kurang gizi dan feses si kecil saat BAB jadi sangat banyak.
  • Jangan disajikan setelah lebih dari 6 jam, sebab kandungan senyawa nitrat (NO3) di bayam akan teroksidasi menjadi senyawa nitrit (NO2) yang bersifat racun. Bila senyawa nitrit (NO2) bereaksi dengan hemoglobin, maka hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen, menyebabkan sianosis atau darah kekurangan oksigen.

 

Sumber: ayahbunda.co.id

Source Image : http://3.bp.blogspot.com

 

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2021. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ