Jaga Daya Tahan Tubuh dan Hindari Virus Corona dengan 7 Langkah Ini!

Indonesia digemparkan dengan kabar kemunculan kasus pertama virus Corona kemarin (02/03/2020). Tentu kita semua menjadi lebih waspada setelah mendengar kabar tersebut. Namun, menularnya virus Corona sebenarnya dapat kita antisipasi.

Dr. Grace Judio-Kahl, Founder dan CEO Klinik lightHOUSE, memberikan beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghindari virus Corona :

 

Rajin Mencuci Tangan dengan Benar

Memang terdengar sepele, lightBuddy. Namun mencuci tangan adalah cara yang efektif untuk mengehilangkan kuman dan virus berbahaya yang ada di tanganmu sebelumnya. Jangan hanya mencuci tangan dengan air biasa, tetapi cucilah tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Usapkan sabun pada punggung tangan, telapak tangan, dan sela-sela jari, bilas hingga bersih dan keringkan.

Jika kondisimu tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, kamu dapat menggunakan hand sanitizer. Namun tetap saja, cuci tangan sabun akan lebih efektif membunuh kuman. Alkohol pada hand sanitizer memang bisa mencegah virus Corona, namun belum tentu ampuh membunuh virus lain dan kotoran pada tangan.

 

Gunakan Masker Jika Sedang Sakit

Jika kamu menunjukkan tanda-tanda batuk, demam, dan mengalami kesulitan bernafas, gunakan masker saat sedang beraktivitas. Sebagian orang menganggap penggunaan masker memang kurang nyaman, namun nyatanya efektif menyebarkan virus ke orang lain. Mengutip informasi dari  WHO, penggunaan masker sendiri tidak dapat menghindari penyakit jika tidak diikuti dengan kebersihan tangan dan langkah preventif lainnya.

WHO menyatakan bahwa penggunaan masker sebaiknya dilakukan oleh orang yang betul-betul membutuhkan dan sedang sakit dan orang yang merawat pasien terindikasi virus Corona. Untuk kamu yang sedang tidak dalam keadaan sakit, tidak perlu menggunakan masker, karena tidak ada bukti autentik bahwa masker dapat melindungi orang yang tidak sakit.

Periksakan dirimu ke rumah sakit yang telah dirujuk untuk mengatasi virus Corona untuk memastikan status kesehatanmu.

 

Makan Makanan Bergizi Tinggi Namun Rendah Kalori

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan. Pilihlah makanan dengan nilai gizi yang tinggi dengan nilai kalori yang rendah seperti ikan, ayam, tahu, dan tempe. Tetapi, sebisa mungkin hindari mengolah bahan makanan tersebut dengan cara digoreng. Dengan digoreng, selain mengandung banyak lemak, juga akan meningkatkan nilai kalori makanan tersebut. Alih-alih mencoba memberi asupan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu hanya akan meningkatkan berat badanmu. Selain digoreng, kamu dapat membuat soup, pepes, dan lainnya untuk bahan makanan yang kamu pilih.

Bingung bagaimana mengolah makanan tersebut? Kamu bisa mencontoh olahan dari bahan tersebut dari resep-resep pilihan dari klinik lightHOUSE. Resepnya bisa kamu lihat di sini.

 

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Segar

Selain mengonsumsi makanan berigizi dan rendah kalori, mengonsumsi buah dan sayur juga harus dilakukan. Pilihlah sayur yang kaya serat, vitamin, dan mineral, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan wortel. Jika ingin mengonsumsi buah dengan cara di jus, jangan menambahkan gula dalam jumlah yang banyak. Begitu pula saat mengolah sayur. Hindari penambahan mentega, margarine, atau butter dalam jumlah yang banyak.

 

Hindari Konsumsi Makanan dengan Gula dan Lemak Tinggi

Tanpa sadar, kita seringkali mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak. Misalnya bubble tea, cookies, martabak, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut tidak efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Alih-alih menjadi lebih kuat, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan gula dan lemak yang tinggi malah akan membuat tubuhmu lebih mudah diserang penyakit.

 

Konsumsi Vitamin dan Istirahat yang Cukup

Cuci tangan sudah, makan makanan sehat juga sudah. Jangan lupa istirahat yang cukup, agar tubuh dapat berfungsi maksimal dalam mengikuti aktivitas harianmu. Saat tubuh kurang fit, kamu akan dengan mudah terkena penyakit. Jika dirasa butuh, kamu dapat mengonsumsi vitamin dan juga suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Makan Saat Lapar dan Ikuti Petunjuk 5 lightDIET Rules

Last but not least, kontrol dirimu untuk makan saat kamu benar-benar merasa lapar. Makanlah tepat pada waktunya, dan hindari mengonsumsi makanan lain diluar jam makanmu. Ikuti petunjuk 5 lightDIET Rules dari klinik lightHOUSE untuk pola makan lebih baik dan daya tahan tubuh lebih terjaga.

 

Mau tau apa saja 5 lightDIET Rules ala Klinik lightHOUSE? Ikuti program signature weight loss program Klinik lightHOUSE, lightWEIGHT Program, dan pelajari cara mengatur pola makan untuk tubuh yang lebih sehat dan berat badan ideal.

Say #NoObeCity and stay healthy to avoid Corona virus with lightHOUSE, Your SlimRight Expert.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2020. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ