Ingin Sukses Turunkan Berat Badan Saat Puasa? Begini Caranya

Momen ibadah puasa seringkali dimanfaatkan sebagian orang sebagai ajang untuk menjalankan program diet terselubung. Selain mendapatkan manfaat rohani dari ibadah puasa yang dijalankan, juga mendapatkan manfaat jasmani dari bobot tubuh yang ideal. Sebagian orang berhasil menurunkan berat badan saat ibadah puasa, namun kebanyakan gagal bahkan berat badan malah naik karena pola makan yang tidak terkontrol. Setelah melakukan puasa sehari penuh, momen buka puasa seringkali dijadikan ajang balas dendam untuk menyantap berbagai makanan. Hal inilah yang justru membuat berat badan Anda malah naik ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Jika dilakukan dengan tepat dan benar, tentu moment puasa merupakan saat yang sangat tepat bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Melakukan program diet saat berpuasa juga tidak menimbulkan gangguan kesehatan jika memang sesuai aturan dan anjuran yang ada. Kunci utama dari suksesnya diet saat ibadah puasa adalah dari pemilihan metode yang tepat, jumlah, jadwal dan jenis pola makan.

Ingin Sukses Turunkan Berat Badan Saat Puasa? Begini Caranya

Ada tiga tips utama bagi Anda yang ingin sukses menurunkan berat badan lewat momen Ibadah Puasa. Apa saja tips tersebut? silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Menjaga Berat Badan Ideal Selama Puasa Hingga Selesai Idul Fitri

Pertama, Kurangi jumlah makanan yang masuk dalam tubuh. Dengan mengurangi jumlah makan Anda sekitar seperempat porsi dari biasanya, Anda tentu sudah menguransi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi sebaiknya jangan jadikan waktu berbuka puasa sebagai ajang balas dendam untuk memuaskan rasa lapar yang Anda tahan seharian. Akan lebih baik jika Anda berbuka puasa secukupnya, berhenti makan jika perut Anda sudah terasa cukup kenyang.

Kedua, Perhatikan jadwal makan Anda. Jika hari-hari biasa Anda makan 3x sehari, maka saat puasa ada baiknnya porsi makan siang dibagi ke porsi sahur dan berbuka. Jika biasanya makan pagi, siang dan malam, maka saat puasa jadwal makan Anda dipecah 50 persen ke makan sahur dan 50 persen ke makan saat berbuka. Porsi makan yang dipindahkan ini tentu setelah dikurangi seperempat porsi dari biasanya.

Ketiga, Memperhatikan jenis makanan. Makanan yang sehat adalah kunci utama dari suksesnya diet seseorang. Tentu akan percuma jika Anda rutin berolahraga, makan teratur namun jenis makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak lemak. Jenis makanan yang harus Anda hindari saat berbuka puasa adalah makanan yang mengandung banyak gula, tepung, minyak. Hindari berbagai jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng karena semua jenis minyak bila digoreng akan menjadi rusak, sehingga berakibat pada risiko penyumbatan pembuluh darah. Akan jauh lebih membantu juga jika setiap kali Anda berbuka puasa dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: Memilih Sajian yang Sehat Untuk Berbuka Puasa

Nah itulah 3 buah tips yang dapat Anda terapkan untuk dapat menurunkan berat badan saat menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa untuk selalu mengontrol diri Anda karena berhasil atau gagalnya program penurunan berat badan yang Anda jalankan tergantung dari diri Anda sendiri! 🙂

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ