Diet Anda Terus Gagal? Ini Pentingnya Pendampingan Saat Proses Diet!

“Buat apa ke dokter kalau cuma untuk diet? Jaman sekarang, lihat di youtube atau buka google aja udah banyak kok tips dan cara-caranya. Apa pentingnya dokter dan ahli gizi?”

Menurut dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, Dipl. AAAM, dukungan dari pasangan atau orang terdekat penting dalam menentukan sukses tidaknya program diet. Agar diet yang dilakukan tidak gagal atau malah mencelakakan diri sendiri, seseorang yang sedang berdiet juga harus diberi dukungan dan bimbingan dari seseorang yang ahli di bidangnya.

Bukan hanya dari orang-orang terdekat, dukungan dan bimbingan juga harus datang dari pakarnya. “Jarang ada orang yang tidak tahu pola makan yang benar jika mau berat badan turun. Orang tahu, jika mau langsing tidak boleh makan gorengan, manis-manis, ngemil terlalu banyak, dan harus menyantap makanan yang sehat. Hanya saja, mereka susah melakukan itu dan bingung harus mulai dari mana,” kata dr. Grace tentang kondisi yang kerap dialami pasien-pasien dengan masalah berat badan.

Dalam hal pendampingan pakar inilah lightHOUSE Indonesia memiliki peranan besar. Junita sangat terbantu dengan pendampingan pakar yang diberikan klinik lightHOUSE Indonesia. Ahli gizi lightHOUSE tidak hanya bertugas sebagai konsultan pola makan, tapi mereka juga bertindak sebagai mentor yang mengingatkan dan memotivasi.

“Rasanya setiap minggu datang untuk konsultasi seperti rindu ingin kerumah sendiri. Program bertemu dengan ahli gizi, dokter gizi, dan psikolog semua sangat membantu saya dalam menjalani tahap demi tahap proses penurunan berat badan saya,” Junita berbagi pengalamannya.

Junita menyadari, sebagian orang bisa membatasi makanan dan berolahraga sendiri, sebagian lagi tidak. Bagi yang merasa tidak bisa melakukannya, Junita mengingatkan, “Melawan arus akan lebih sulit daripada berenang sesuai arus. Bergaul dengan komunitas peduli kesehatan akan memantapkan semangat Anda.”

Biasanya seseorang melakukan diet berdasarkan pengetahuan sendiri dan mencari tahu dari berbagai sumber yang didapat. Tapi dari berbagai diet yang ada, apakah dijalani dengan supervisi media, bahagia dan aman serta membuat hidup lebih sehat dan panjang?

Banyak orang yang gagal dalam program diet yang terlalu ketat, mulai dari diet jus, diet mayo, sampai OCD. Menurut ahli gizi dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK, ada beberapa hal yang berpengaruh mengapa diet terlalu ketat justru memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk gagal, yaitu :

  1. Membuat Anda terjebak dalam siklus yoyo, karena berat badan yang naik turun membuat tubuh Anda semakin lama semakin sulit untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang terjadi semakin sedikit, sedangkan kenaikan berat badan yang terjadi semakin besar.
  2. Kemungkinan cheating menjadi lebih besar karena Anda tidak mendapatkan satiety dan rasa capek-bosan dalam menjalankan diet yang terlalu ketat tersebut.

Diet terlalu ketat atau diet ekstrim justru bisa menggagalkan program penurunan berat badan. Karena itu, menurut dr. Eva, program diet seharusnya mudah, menyenangkan, dan komprehensif. meliputi pola makan dan perencanaan makan, pola hidup, kontrol diri, dan aktivitas fisik.

Tingkat keberhasilan penurunan berat badan sangat dipengaruhi dari motivasi masing-masing pasien. Bagi pasien obesitas yang memiliki motivasi yang tinggi, dengan dibantu dengan program lightHOUSE yang menyenangkan, dia bisa menurunkan berat badan hingga 30 kg. Sementara itu, pasien yang berat badannya tidak terlalu besar bisa menurunkan berat badan 10%  dari berat badan awalnya. Ini juga sudah sangat baik karena penurunan berat badan 10% saja, sudah membantu memperbaiki kondisi kesehatan seseorang.

LightHOUSE Indonesia sebagai klinik penurunan berat badan dengan program yang komprehensif menawarkan solusi untuk turun berat badan permanen. Dengan kurikulum penurunan berat badan yang sudah diteliti bertahun-tahun, pendampingan pola makan oleh Slim Right Expert, hingga berbagai treatment penunjang.

Diet tidak hanya mengenai turun berat badan, tapi asupannya pun harus diperhatikan. Diet bukan berarti tidak makan yang menyebabkan kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan. Sehat, salah satu tujuan dari diet itu sendiri, tidak sedikit orang yang menjalani diet hanya makan satu jenis asupan gizi seperti buah atau sayur saja, protein saja. Jika badan sudah terasa sering sakit pertanda anda kekurangan salah satu atau banyak asupan gizi yang dibutuhkan. Maka dari itu walaupun sedang menjalani diet, pastikan asupan gizi selalu seimbang dan tercukupi. Konsultasikan dengan Ahli Gizi untuk mendapatkan pola makan yang tepat untuk kepribadianmu saat akan menjalani diet.

Jangan mulai program diet anda tanpa pengetahuan yang memadai mengenai kondisi tubuh anda. Jadwalkan kedatangan anda melalui www.lighthouse-indonesia.com dan temui SlimRight Expert kami di klinik LightHOUSE Indonesia. Jalani hidup sehatmu, #DimulaiDariNiat baik untuk mengenali kondisi tubuhmu.

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ