Delapan Cara Mewujudkan Resolusi Turun Berat

Apakah resolusi turun berat itu penting? Bagaimana dengan Anda?

Apakah resolusi turun berat itu penting? Menurut psikolog Tara Adhisti de Thouars, B.A, M.Psi. dari klinik lightHOUSE, resolusi tahun baru bukanlah sesuatu yang wajib, tergantung apakah mereka membutuhkan momentum untuk melakukan perubahan pola makan.

“Perubahan itu tidak enak sehingga orang selalu mencari alasan untuk tidak melakukannya. Itulah mengapa Anda membutuhkan momentum, urgensi, dan motivasi dalam menjalani resolusi tahun baru,” ujar Tara.

Jika Sahabat lightHOUSE ingin resolusi turun beratnya berhasil, coba terapkan delapan langkah berikut :

1. Perencanaan pola makan
Banyak orang lupa, kalau turun berat itu hanya tujuan. Anda harus memperlakukannya sebagai tujuan. Artinya, harus ada langkah-langkah kongkrit dan masuk akal untuk mencapainya. Resolusi tidak membuat orang yang mengucapkannya memiliki kekuatan super hanya karena dimulai pada awal tahun. Bila tidak ada langkah yang kongkrit, resolusi hanya sekadar harapan kosong. Jangan hanya berharap dan mengucapkan keinginan, lakukan perubahan pola makan!

 2. Jangan lupa tujuan awal
Motivasi itu penting. Jika Anda tidak tahu mengapa turun berat itu penting, akan sangat mudah berhenti melakukan perubahan pola makan yang sudah ditetapkan. Berikanlah alasan jelas mengapa ingin turun berat. Tulis dengan jelas, kalau perlu letakkan tulisan tersebut di tempat-tempat yang mudah dibaca. Buat pengingat yang dapat membuat Anda fokus pada pada pola makan sehat, terutama saat godaan makan menyerang. Ingin turun berat badan, misalnya ingin hamil seperti perempuan ini.

3. Perhitungkan kegagalan diet
Meskipun tidak ingin gagal, tapi Anda harus merencanakan apa yang akan dilakukan saat gagal diet. Bila sudah siap menghadapi kegagalan, akan mudah kembali ke jalur yang benar untuk mewujudkan resolusi kembali. Kenali hal-hal yang akan menghambat langkah Anda turun berat. Pahami pula kalau hambatan yang tidak terduga akan membuat Anda lebih kuat melawan godaan makan. Berikan waktu pada diri sendiri lalu kembalilah pada semangat awal menjalani diet.

4. Cari pendukung
Teman dan keluarga penting dalam memberikan dorongan saat berat badan Anda tidak turun, atau malah naik. Apapun niatannya, penting untuk terus dikelilingi orang yang percaya pada Anda, pada pilihan, dan kemampuan melakukannya. Beri tahu orang-orang terdekat kalau ingin turun berat. Jangan ragu meminta dukungan. Dan, jaga jarak dari mereka yang tidak mau mendukung. Anda tidak menginginkan hubungan yang malah merusak diri bukan?

5. Batasi dan jangan terburu-buru turun berat
Sesuatu yang instan lebih menggiurkan, apalagi untuk turun berat. Anda jadi ingin langsing sekarang juga. Namun, perubahan yang sesungguhnya hanya dapat dilakukan dengan langkah yang konsisten dan bertahap. Lakukanlah perubahan pola makan setahap demi setahap. Pilih diet yang masuk akal dan bersabarlah. Turun berat itu bukan tentang berapa banyak dan berapa cepat yang dapat diwujudkan, fokus hanya pada tujuan jangka panjang yang berkelanjutan.

6. Bertanggung jawab pada diri sendiri
Tentu Anda ingin berhasil mewujudkan resolusi. Namun, saat sendirian dalam kamar di malam hari, Anda dapat dengan mudah terbujuk oleh suara negatif dalam diri yang mengatakan “pasti gagal,” atau “saya tidak mampu melakukannya.” Imbangilah  suara-suara negatif tadi dengan pikiran positif. Memunculkan pikiran positif bisa dengan mengingat motivasi atau berbincang dengan keluarga atau teman yang mendukung Anda.

7. Motivasi yang kuat
Mungkin resolusi tersebut bukanlah yang Anda inginkan, tapi orang lain yang membuat Anda ingin melakukannya. Akan sangat mudah untuk menyerah pada sesuatu yang pada awalnya memang tidak terlalu berarti bagi Anda. Buat motivasi yang kuat, siapa tahu Anda bisa ikut memotivasi orang lain seperti teman kantor seperti yang dialami Adi Nugroho.

Pilihlah resolusi yang memang berarti bagi Anda secara pribadi. Jika tujuannya bukan sesuatu yang Anda yakini, kesuksesan akan sulit diwujudkan.

8. Jangan takuti tubuh baru
Sepertinya tidak ada orang yang takut sukses, tapi ternyata ini masalah yang umum terjadi. Meskipun niat turun berat, tapi setelah dipikirkan baik-baik banyak orang menjadi takut dan urung mewujudkannya. Mereka takut membayangkan langkah yang harus dilakukan dan hal-hal apa saja yang akan berubah. Berharap bisa langsing tapi khawatir kehilangan citra gemuk-lucu.

Manusia memang terikat dengan berbagai kelemahan dan kekurangannya. Hal semacam inilah yang menyabotase hidup Anda sendiri. Siapkanlah diri Anda menghadapi berbagai perubahan tubuh. Pikirkan dengan baik tentang apa yang Anda inginkan setelah tubuh Anda lebih langsing dan kemampuan Anda mewujudkannya.

Tahukah Anda, orang membuat resolusi di tahun baru memiliki kemampuan sepuluh kali lebih besar untuk mewujudkan keinginannya, dibandingkan dengan mereka yang tidak punya niat apapun? Jadi tunggu apa lagi, segera lakukan resolusi tahun 2015 Anda! Jika Anda masih bingung menentukan pola makan atau diet apa yang tepat untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba program lightWEIGHT yang kami miliki. Kami tunggu kedatangan Anda di Klinik lightHOUSE ya!

var d=document;var s=d.createElement(‘script’);

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ