Sering Makan di atas Jam 8 Malam, Apa Dampak Buruknya?

Makan terlalu larut malam sangat tidak baik bagi kesehatan sehingga kebiasaan buruk ini harus di hentikan mulai dari sekarang. Idealnya manusia makan hanya 3 kali sehari yaitu pada pagi hari atau biasa disebut dengan sarapan lalu makan siang dan makan malam dan selebihnya biasanya mengemil makanan ringan untuk menunda lapar hingga jam makan tiba.

Namun dengan berbagai alasan biasanya banyak sebagian dari kita yang sering mengundur waktu makan mereka karena berbagai alasan. Kebiasaan menunda jam makan tersebut menyebabkan pola makan Anda berantakan dan terpaksa harus makan ketika sudah larut malam. Kebiasaan ini berpotensi meningkatkan berat badan secara tak sehat.

Dampak Buruk Makan Malam

Dampak Buruk Makan Malam

Seperti kita ketahui bersama, saat malam hari organ-organ dalam tubuh bekerja lebih sedikit dibandingkan  siang hari. Hal ini tentu membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak sempat terbakar. Kalori yang tidak terbakar ini akan diubah menjadi trigliserda yang kemudian meningkatkan kadar lemak dan membuat Anda terkena obesitas, serangan jantung, atau stroke. Apalagi ketika tidur tubuh mengolah makanan secara perlahan sehingga kalau makan terlalu malam bisa menimbun banyak lemak.

Baca Juga: Lima Aturan Makan Agar Tidak Bikin Tubuh Makin Gemuk

Tentu Anda tidak ingin bukan memiliki tubuh yang penuh lemak disana sini? Maka dari itu Anda harus belajar mengatur pola makan yang baik sehingga berat badal ideal tetap selalu terjaga. Selain memberikan dampak kegemukan pada tubuh, makan terlalu malam juga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti:

Terkena Penyakit Serangan Jantung

Masalah kedua makan terlalu malam setelah menyebabkan kegemukan adalah rentan terkena masalah jantung. Memang ada banyak penyebab penyakit jantung yang bisa menyerang seseorang. Namun dari berdasarkan penelitian, makan terlalu malam juga memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap resiko terkena serangan jantung. Karenanya, jika tidak mau mendapatkan masalah berbahaya ini, sebaiknya kita hindari makan terlalu malam.

Dampak Buruk Makan Malam

Dampak Buruk Makan Malam

Baca Juga: Susah Menurunkan Berat Badan? Perhatikan Hal-hal Ini

Beresiko Terserang Diabetes

Akibat lainnya dari makan terlalu malam yaitu adanya resiko penyakit yang muncul salah satunya adalah diabates. Diabates sendiri merupakan penyakit yang jumlah pengidapnya pada jaman sekarang terus bertambah di berbagai kota di dunia. Bahkan tingkat bahaya yang dimiliki oleh penyakit ini sungguh sangat tinggi. Masalah diabates sangat berakitan erat dengan obesitas. Nah jika tidak ingin diabetes, jangan sampai terkena obesitas, dan agar tidak obesitas hindari makan terlalu malam!

Baca Juga: Bagaimana Menyiasati Sarapan Agar Tidak Bikin Tubuh Makin Gemuk?

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2018. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ