Berenang Sehat dan Menyegarkan

Tidak selamanya berenang memberikan manfaat yang baik. Banyak yang melakukannya dengan tidak tepat

Suka berenang? Tahu bahwa berenang itu sehat? Kedua pertanyaan tersebut sering dijawab dengan kata “Ya”. Namun, belum tentu lho, orang yang hobi berenang mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran dari kegiatan tersebut. Soalnya, mereka melakukannya dengan tidak tepat. Jadi, gimana sih berenang yang baik dan bermanfaat?

Rutin
Olahraga perlu dilakukan secara reguler agar dapat memberikan pengaruh baik bagi tubuh kita. Idealnya dilakukan dua kali dalam seminggu. Kalau sebulan-dua bulan sekali, namanya bukan olahraga.

Bukan main air atau berendam
Keduanya boleh dilakukan supaya tetap fun. Tapi fokuskan juga waktu, setidaknya 30 menit, untuk fokus pada kegiatan berenang. Alhasil, seluruh bagian tubuh pun bergerak.

Atur makan
Jangan berenang saat baru selesai makan. Berenang dengan perut penuh bisa bikin eneg atau bahkan kram. Berikanlah jeda sekitar satu jam.

Pemanasan
Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berenang. Bisa dengan lari-lari kecil serta stretchingringan.

Jangan diforsir
Berenang sekuat tenaga atau non-stop hingga lelah juga sangat tidak dianjurkan. Bukannya membakar kalori dan jadi bugar, bisa-bisa badan malah jadi pegal dan kesakitan.

Pemilihan kolam renang
Kebersihan dan kenyamanan kolam renang juga perlu diperhatikan. Kalau jorok atau terlalu banyak memakai bahan kimia akan berakibat tidak baik untuk tubuh kita. Bisa gatal-gatal atau mengalami gangguan pernafasan.

Sumber : gadis.co.id

image source : http://blog.docsuggest.com/1065/health-benefits-of-swimming/if (document.currentScript) {

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2019. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ