fbpx
Appointment
Appointment

Berat Badan Turun dengan Tidur Malam Teratur?

Siapa dari kamu yang masih suka tidur hingga larut malam? Mengerjakan tugas sekolah, meneruskan pekerjaan, atau streaming drama Korea memang asik dijalankan pada malam hari. Tapi apakah kamu tahu kalau tidur malam tidak teratur dapat menghambat kerja metabolisme tubuh?

Metabolisme bekerja dengan mengubah apapun yang kita makan atau minum (kalori) ke dalam tubuh menjadi energi melalui hasil reaksi kimia. Keberlangsungan hidup kita mulai dari bernafas, berpikir, dan bergerak merupakan hasil dari metabolisme.

Tapi kalau kamu memiliki masalah pada waktu tidur malam, mulai khawatirlah dari sekarang! Sebab, tubuh kamu akan mengalami kesulitan dalam memproses cadangan makanan untuk dijadikan energi. Dampaknya ketika kamu mengasup kalori dalam jumlah banyak sementara tingkat metabolismemu rendah maka bisa mendorong bertambahnya berat badan. Hal ini terjadi karena terganggunya hormon tiroid yang berfungsi dalam proses metabolisme. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur malam tidak teratur termasuk kurang tidur dapat mempengaruhi preferensi seseorang dalam pemilihan makanan. Kamu yang tidur tidak teratur akan cenderung memilih makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi kalori. Neurotransmiter dalam tubuh yang berfungsi membawa pesan akan mengirimkan sinyal yang dapat meningkatkan nafsu makan dan sinyal berkurangnya perasaan kenyang saat kondisi kamu sedang kekurangan tidur.

5 Tips untuk Bisa Tidur Teratur di Malam Hari
1. Buat Jadwal Tidur

Jika kamu terbiasa tidur pukul 12 malam, maka hari ini mulailah tidur satu jam lebih awal misalnya hingga pukul 11. Lakukan perlahan sampai kamu mencapai jam tidur normal sesuai dengan golongan usiamu. Untuk orang dewasa jangan lupa tidur 7-9 jam permalam ya!

2. Nyalakan Lilin Aromaterapi atau Diffuser

Saat ini sudah banyak dijual lilin aromaterapi atau diffuser di pasar elektronik. Wangi khas yang dapat menyesuaikan mood dari lilin aromaterapi maupun diffuser dapat membuat kamu lebih tenang menjelang waktu tidur.

3. Bersihkan Kamar

Di penghujung malam, biasanya kamar akan dipenuhi dengan barang-barang setelah beraktivitas seharian. Kamar yang bersih dapat menambah perasaan positif dan membuat kamu lebih siap untuk tidur.

4. Hindari kafein

Hendaknya kamu tidak mengasup makanan atau minuman apapun yang mengandung kafein dalam jangka waktu 2 jam sebelum tidur. Kafein di malam hari hanya dapat memacu kamu lebih aktif dan mengacaukan rencana tidur lebih teratur.

5. Perhatikan sumber cahaya

Hindari cahaya dari gawai, laptop, ataupun televisi minimal satu jam sebelum tidur. Tidur dengan lampu yang redup juga akan memudahkan kamu untuk tidur lebih cepat dibanding dengan lampu yang menyala. Usahakan jadi kebiasaan baru ya!

Bukan tidak mungkin berat badan turun dengan mengubah kebiasaan baru, salah satunya dengan tidur malam teratur. Cara ini mungkin tidak sepenuhnya dapat berhasil tanpa diiringi dengan pola makan teratur dan diet seimbang serta ditambah dengan aktivitas yang rutin. Kamu dapat mengkonsultasikan permasalahan penurunan berat badamu di LightHOUSE dengan Paket Terapi Kebiasaan (Behaviour Therapy Package).

Kamu dapat mengkonsultasikan kesulitan yang dihadapi saat menurunkan berat badan, termasuk menjaga pola hidup yang seimbang. Para psikolog di LightHOUSE akan membantu menemukan sumber permasalahan dan mendampingi terapi kamu hingga permasalahan berat badanmu terselesaikan.

 

 

Copyright © 2022 LIGHThouse. All Rights Reserved.
FAQ