Banyak Minum Air Putih Buat Tubuh lebih Langsing, Mitos atau Fakta?

Banyak mitos yang berkembang soal minum air putih. Mulai dari buat tubuh lebih langsing atau justru bikin perut jadi buncit? Ini faktanya..

Banyak orang menempuh cara berdiet yang salah karena terlalu ingin turun berat untuk tubuh yang lebih langsing. Mungkin sahabat lightHOUSE pernah mendengar saran bahwa dengan banyak minum air putih bisa bikin langsing. 

Menurut pakar klinik lightHOUSE dr. Grace Judio, MSc., mengonsumsi air putih yang banyak belum tentu bisa menurunkan berat badan. “Tidak juga. Tapi kalau sudah kenyang dengan air putih, orang memang jadi tidak banyak makan. Air putih kan kalorinya nol.” 

Namun ia mengingatkan untuk tidak mengandalkan banyak minum air putih saat ingin menurunkan berat badan. Meskipun konsumsi air ditambah, tubuh tetap membutuhkan nutrisi dari makanan untuk dapat beroperasi dengan baik. “Andalkan pola makan sehat dan seimbang untuk tetap bisa menurunkan berat badan tanpa mengganggu kesehatan,” ujar dr. Grace. Lagipula, kondisi perut kembung karena terlalu banyak minum air juga juga pasti membuat Anda tak merasa nyaman bukan?

Air Dingin & Perut Buncit

Masih bicara soal asupan air dalam tubuh. Pernahkah Anda dengar kalau kebiasaan minum air dingin menjadi penyebab perut buncit? Menurut dr. Grace, air putih, air dingin, maupun es batu, itu semua kalorinya adalah nol. “Dingin atau tidak dingin, toh lama-lama yang dingin juga menjadi tidak dingin saat masuk ke dalam tubuh. Justru kalau minum air dingin, tubuh akan berusaha untuk memanaskan,” ujar konsultan penurunan berat badan ini. 

Dr. Grace pun menjelaskan bahwa tubuh memiliki suhu tubuh 30 derajat. “Saat air memiliki suhu misalnya nol derajat, tubuh kita berusaha membuatnya menjadi panas. Artinya, tubuh perlu kerja keras untuk memanaskan. Membakar kalori tapi bukan berarti akan langsung membuat kurus, setidaknya tubuh bekerja sedikit lebih ekstra,” dr. Grace menjelaskan.

Dari pernyataan dr. Grace ini bisa disimpulkan bahwa kebiasaan sering minum air dingin justru tak ada kaitannya dengan perut buncit, namun justru membuat tubuh bekerja lebih ekstra untuk membakar kalori. Bicara soal mitos perut buncit, kami juga pernah membahas soal terlalu sering menggunakan high heels justru bisa berpengaruh pada kondisi perut buncit, lho sahabat lightHOUSE!

Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh

Di luar dari beragam mitos yang berkembang, tentunya untuk tidak bisa dipungkiri bahwa mengonsumsi air putih harus menjadi kebiasaan yang diterapkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dalam kondisi sehat atau normal, sekitar 2 liter air yang diperlukan agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kebutuhan untuk anak-anak sedikit berbeda, tapi manfaatnya kurang lebih sama.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, minum air putih juga punya manfaat tersendiri untuk meningkatkan metabolisme tubuh. “Jika mulai merasa lapar, cobalah minum terlebih dahulu. Dengan begitu, pencernaan dapat bekerja lebih baik dan metabolisme tubuh meningkat ketika mengkonsumsi banyak air,” dr. Grace menyarankan. 

Jadi, mulailah kebiasaan baik dalam mengonsumsi air. Jangan minum air putih banyak-banyak dengan harapan untuk membuat tubuh lebih langsing. Yang kami sarankan, jangan tunggu sampai haus karena itu berarti tubuh Anda sudah mengirim sinyal Anda perlu minum. Penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal delapan gelas per hari. Selalu utamakan untuk meminum air putih, bukan yang berwarna dan memiliki rasa. 

} else {

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2018. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ