fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

Agar Efektif, Selain Sesuai Kepribadian Diet Juga Harus Pas Dengan Gaya Makan

Setelah beberapa kali kita bicara tentang diet yang sesuai dengan kepribadian. Ternyata ada satu hal lagi yang harus pas dengan diet yang kita pilih: gaya makan.

Seringkali Anda mencoba berbagai macam diet yang sedang tren, tapi berakhir dengan kegagalan. Berat badan Anda tetap saja tidak turun dengan maksimal. Mengapa demikian? Pakar lightHOUSE memiliki jawabannya.

Berbagai rencana penurunan berat badan hanya akan berhasil jika Anda berkomitmen. Namun, tidak semudah itu untuk berkomitmen pada hal yang sebenarnya tidak disukai. “Banyak orang yang telah berhasil mengatakan bahwa diet akan terasa lebih mudah jika sesuai dengan kepribadian dan gaya makan individu,” ujar Psikolog Naomi Ernawati Lestari, M.Psi dari klinik lightHOUSE Indonesia.

Nah, karena sebelumnya kami telah beberapa kali membahas tentang diet yang sesuai dengan kepribadian, sekarang giliran tips untuk menyesuaikan diet dengan gaya makan seseorang.

“Misalnya seseorang tidak suka masak. Ia tidak akan bertahan lama dengan diet di mana ia harus masak makanan yang rumit. Belum lagi dia tinggal dengan anak kecil yang memakan banyak cemilan. Yang ada dia malah akan ikut ngemil,” tambah Psikolog Naomi.

Oleh karena itu, cara termudah untuk menurunkan berat badan adalah dengan menyesuaikan dengan gaya makan seseorang. Berikut penjelasan dari Psikolog Naomi. Pilih gaya makan yang sesuai lalu cek diet idealnya :

1. Pencari Dukungan 
Anda adalah tipe orang yang membutuhkan teman dan dukungan pada setiap permasalahan Anda. Anda butuh teman makan, sahabat yang mendukung sehabis bertengkar dengan pacar dulu, dan saudara yang bersedia ditelepon kapan saja ketika Anda merasa stres setelah bekerja seharian di kantor.

Diet ideal Anda: Diet Anda akan sukses jika ada banyak dukungan dari orang-orang yang pernah merasakan hal yang sama dengan Anda, berbagi kisah penurunan berat badan mereka, bagaimana mereka berjuang melawan nikmatnya sepotong coklat atau seloyang pizza.

Lakukan program penurunan berat badan yang menyenangkan, ada tips dari ahli gizi, atau lakukan senam dan pilates dengan anggota gym yang lain. Selain itu, Anda juga bisa memakai personal trainer yang akan menyesuaikan kebutuhan diet Anda.

2. Tukang Ngemil.
Anda adalah seorang ibu yang multi-tasking; pekerja kantoran, mengurusi anak-anak di rumah, dan berkutat dengan banyak kegiatan sosial. Anda butuh menurunkan berat badan karena kebiasaan ngemil yang sulit dihindari.

Mungkin Anda tidak suka masak, lalu ada anak-anak, dan suami yang perlu diurusi, kemudian deadline di kantor yang mendesak, Anda butuh cemilan sebagai pelampiasan. Cemilan Anda biasanya terdiri dari kacang, coklat, cake, cookies, dan keripik. Ketika tiba waktunya memasak, biasanya Anda sudah merasa terlalu kenyang dari terlalu banyak ngemil sehingga kebutuhan makan seimbang tidak terpenuhi.

Diet Ideal Anda: Tukang ngemil biasanya makan berdasarkan keinginan, bukan rasa lapar. Jadi mereka makan apa saja yang paling mudah dimakan. Solusinya, taruh makanan sehat seperti buah, sayur-sayuran, roti gandum dengan porsi yang cukup di tempat yang mudah terlihat. Sedangkan cemilan tidak sehat, tidak perlu disimpan. Bahkan, jangan terpikir untuk dibeli. Selain itu, jika sudah merasa ingin ngemil, minumlah segelas air putih untuk mengalihkan pikiran Anda dari cemilan tidak sehat.

Diet Harus Pas Dengan Gaya Makan

3. Pecinta Kebebasan.
Anda menolak untuk makan makanan yang “ringan” cuma karena diberitahu bahwa kalorinya rendah. Anda tidak punya waktu untuk menghitung kalori atau mencari tahu mana makanan yang rendah sehat. Anda juga terlalu pemberontak untuk mengikuti rencana makan yang diberikan ahli gizi.

Anda serius dalam hal keluarga, pekerjaan, dan kehidupan sosial, tapi jangan harap hal yang sama dalam hal makan. Penurunan berat badan haruslah sesuatu yang mudah dan sederhana, serta fleksibel untuk Anda.

Diet Ideal Anda: Si pecinta kebebasan biasanya malas mengikuti rencana diet yang dibuatlah oleh ahli gizi Anda. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan bagi Anda adalah fokus makan dengan lebih pelan dan tenang. Berikan skala rasa lapar Anda sebelum dan saat makan, sehingga Andatidak membiarkan diri Anda terlalu lapar atau terlalu kenyang.

4. Penyuka Manis.
Anda tidak akan menolak apapun yang manis. Semua orang tahu itu.Anda tidak akan memilih makan oatmeal dibandingkan coklat. Bagi Anda tidak ada coklat yang tidak enak. Gabungkan si gigi manis dengan si tukang ngemil, maka Anda punya masalah besar.

Diet Ideal Anda: Anda perlu merencanakan makanan manis Anda dengan hati-hati. Daripada makan semua makanan manis dan menambah kalori Anda, lebih baik identifikasikan makanan manis yang paling Anda suka dan rencanakan seberapa banyak Anda akan makan.

Perencanaan makan bisa dengan mengolah makanan atau masak sendiri lho! Simak yuk cara masak rendah kalori ala lightHOUSE! Agar lebih sehat, tambahkan buah-buahan yang manis ke dalam menu harian sehingga kalori lebih terjaga.

5. Gampang Terdistraksi.
Anda biasa mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu, termasuk makan. Tentu saja multitasking adalah hal yang baik, tapi dalam hal makan kurang baik untuk angka di timbangan Anda.

Jika Anda terbiasa makan sambil mengerjakan hal lainnya, seperti nonton TV, baca buku, atau bahkan bekerja di depan komputer, Anda tidak akan menyadari seberapa banyak yang sudah Anda makan.

Diet Ideal Anda: Siapkan cemilan dan makanan Anda dengan penuh kesadaran. Siapkan makanan kecil, seperti setengah sandwich, dan hindari kue-kue. Jangan makan sambil Anda mengerjakan hal lainnya. Fokuslah pada makanan Anda dan nikmati makanan seolah-olah itu adalah makanan terakhir yang Anda makan sehingga Anda benar-benar menikmatinya.

Dari kelima tipe kepribadian diet di atas, yang manakah tipe Anda? Yang paling penting, nikmati apa yang Anda makan dan pastikan yang Anda makan adalah hal yang sehat, sesuai dengan kepribadian. Niscaya berat badan ideal akan mudah dicapai.

Jangan lupa, jika butuh bantuan lebih lanjut tim Psikolog di klinik lightHOUSE siap membantu. Silakan membuat appointment online dan frontliners kami akan segera menelepon Sahabat lightHOUSE. Selamat makan!

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2022. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ