Tips mengontrol Makan di Hari Raya Lebaran - LightHOUSE Indonesia

Tips mengontrol Makan di Hari Raya Lebaran

Tips mengontrol Makan di Hari Raya Lebaran

Hari Raya Lebaran merupakan momen di mana semua umat muslim  dapat berkumpul bersama keluarga besar. Momen kumpul keluarga ini seringkali dirayakan dengan makan bersama untuk menambah suasana akrab diantara keluarga yang jarang bertemu. Berbagai makanan disajikan untuk merayakan hari kemenangan semua umat Muslim di penjuru bumi ini.

Banyaknya makanan yang tersedia saat momen hari raya Lebaran seringkali membuat kita susah mengontrol perilaku makan. Belum lagi setiap kali berkunjung ke rumah kerabat dekat selalu disuguhkan berbagai makanan yang menggoda.

Nah, untuk menjaga berat badan ideal ada baiknya kamu belajar mengontrol perilaku makan agar tidak terjadi kenaikan berat badan paska Lebaran tahun ini. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk belajar mengontrol pola makan.

 

Jangan lapar mata

Persediaan makanan saat hari raya yang berlimpah seringkali menyebabkan kita lapar mata dan ingin makan berbagai jenis makanan dengan porsi yang lebih dari biasanya. Nah untuk menghindari lapar mata kamu dapat menyiasatinya dengan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama teman dan saudara.

Untuk momen saat sedang makan bersama keluarga juga dapat kamu siasati dengan makan tidak berlebihan, makan secukupnya, tidak menelan makanan dengan buru-buru, dan langsung berhenti makan ketika sudah merasa kenyang.

Kunci Utama dalam Berdiet: Membedakan Lapar Kenyang

 

Jauhi makanan berminyak dan tinggi lemak

Makanan berminyak dan mengandung lemak tinggi merupakan salah satu pemicu melonjaknya bobot beran badan dan penyebab berbagai penyakit berbahaya. Makanan dengan minyak dan lemak tinggi memang banyak ditemukan di hari raya Lebaran. Untuk menghindari kenaikan berat badan ada baiknya kamu memilah-milah makanan yang ingin dikonsumsi.

Makanan yang biasa dihidangkan saat hari raya idul fitri berupa olahan berbagai jenis daging, baik daging sapi, kambing, maupun daging ayam. Daging, terutama daging merah, cenderung tinggi akan lemak jenuh. Meksipun konsumsi daging tidak sepenuhnya dilarang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati lemak yang terdapat dalam masakan daging.

Misalnya, ketika kamu mengkonsumsi ayam kamu dapat memilih bagian dada dibanding paha atau sayap, karena bagian dada cenderung lebih sedikit kandungan lemaknya. Selain itu saat memakan ayam, sebisa mungkin hindari memakan bagian kulitnya karena lemak yang dimilki unggas biasanya tersimpan di kulitnya.

Memilih Sajian yang Sehat Untuk Berbuka Puasa

 

Tetap makan makanan sehat

Ketika mengambil makanan saat makan di momen lebaran, penuhi dulu piringmu dengan sayuran. Sayur dapat membantumu cepat kenyang dengan kandungan seratnya yang tinggi, cepat kenyang tentu akan membantu mencegah kamu makan berlebih. Imbangi pula dengan konsumsi buah saat hari raya lebaran. Konsumsi buah dan sayur dianjurkan untuk mengimbangi makanan yang cenderung berlemak saat Idul Fitri.

healthy eating diet sehat

Konsumsi makanan perlu diatur dan dikontrol selama kita menikmati santapan Idul Fitri, sebaiknya konsumsi menu sehari-hari yang sehat, dan juga mengatur menu yang seimbang, seperti karbohidrat ,protein, serta serat harus seimbang di dalam tubuh kita.

Konsultasi GRATIS